Catatan pribadi tentang apa saja

Kamis, 29 April 2010

Gaji PNS Naik

Siapa bilang di negeri kita hanya ada kabar buruk dan tak menyenangkan? Coba simak kabar yang satu ini: Gaji PNS tahun depan akan naik, Kalau kemarin berita kenaikan TDL pastilah memancing kekesalan, tetapi kabar "kenaikan" yang ini mestinya akan disambut dengan penuh rasa syukur Oleh para PNS, dan pensiunannya, tentunya. Tentu hal ini pun bukannya tanpa konsekuensi: harga-harga menanjak dulu sebelum gaji naik, APBN untuk gaji pasti berubah, rasa iri dari para buruh dan petani dan sebagainya juga sangat mungkin muncul, dsb.,.

Pertanyaan adalah, kenapa dalam situasi yang serba centang perenang dan korupsi tak juga kunjung terselesaikan (yang magnitudenya besar) dan reformasi birokrasi PNS yang juga masih belum jelas hasilnya, kok malah ada kenaikan gaji 10%. Apa ini, kalau dilihat dari perspektif politik, marupakan sebuah "game" politik menghadapi Pemilu? Karena, mau tidak mau, percaya atau tidak, PNS masih merupakan kekuatan politik riil yang mampu menjadi penyumbang suara, baik langsung maupun tidak langsung. Kendati kekuatan korps pegawai negeri secara teoretis telah diluruhkan (karena bukan lagi sebagai bagian dari sebuah parpol), toh secara sosiologis dan kultural, mereka masih merupakan para votegetters tangguh karena menjadi pengelola sumberdaya dan wewenang di hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Menguasai PNS dan mengambil simpatinya, merupakan kunci penting (kalaulah tidak terpenting) dalam perpolitikan nasional dan daerah. memberikan rewards yang membuat mereka tenang adalah sebuah langkah politik yang nyaris tak mungkin dapat diabaikan oleh siapa pun yang ingin mempunyai pengaruh politik. Bahkan, saking pentingnya pemberian rewards tersebut, kiprah reformasi birokrasi pun dalam praktek telah bermetamorfosa menjadi sekedar perubahan atau reformasi renumerasi! Padahal, seperti dengan gamblang ditunjukkan oleh kasus Gayus Tambunan, rebumerasi yang sangat tinggi ternyata belum cukup untuk menjadi penawar bagi godaan PNS untuk melakukan tindak korupsi yang begitu besar.

Kenaikan gaji PNS jelas membuat sebagian kelompok masyarakat Indonesia merasa senang dan bahagia. Tapi apakah ini juga akan berarti melebarnya keharmonisan dan solidaritas sosial dengan sebagaian kelompok masyarakat yang masih belum terus bergulat dengan berbagai ketimpangan sosial?

 

 

16 komentar:

  1. iya nih.. arfi juga baca.. tapi katanya cuma 10%.. bandingkan dengan kenaikan barang2 kebutuhan pokok yang lain.. is it balanced??? kayaknya masih susah deh.. tapi alhamdulillah juga sih naik.. daripada gak naik sama sekali,,,

    BalasHapus
  2. wah,, pertamax nih.. hehe.. tahnks ya atas follownya.. aku follow balik deh.. ok ok...:D

    BalasHapus
  3. Seperti biasa naiknya gaji pns tidak bisa dinikmati, karena hanya untuk menyesuaikan harga kebutuhan pokok yang naik! Jadi sama dengan bohong malah tombok!

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, tapi semuanya tetap kita syukuri!

    BalasHapus
  5. Trus mo digaji pake uang mana??? Dari uang pajak rakyat??? sorry lah yau....kita rakyat kecil kerja susah2 cuman buat bayar gaji PNS gak becus...sorry berat!!!! mending gak usah bayar pajak, dari pada cuman dipake bayar gaji pns gak berkualitas :s

    BalasHapus
  6. ah, nggak jelas tuh, tahun kemaren aja katanya naik tapi nggak naik2...

    BalasHapus
  7. mudah2an bisa jadi kenyataan aja deh...

    BalasHapus
  8. semoga saja kenaikan gaji PNS diiringi dengan peningkatan kualitas layanan terhadap masyarakat. Salam

    BalasHapus
  9. Biasanya kalau gaji PNS naik malah bikin pusing soalnya harga barang2 malah lebih dulu naik dan kenaikannyapun beberapa persen lebih tinggi dari kenaikan gaji itu sendiri...

    Salam hangat & sukses selalu...

    BalasHapus
  10. kenaikan pendapatan tetap saja menyusahkan,loha wong pengeluaran yo dinaikan...
    dapat menjadi babak baru antara sikaya dan sikurangkaya :D

    BalasHapus
  11. oh ya mas sklian mampir ni....gmn dengan LINk saya apa juga terhapus????
    kalo ya...ni dari saya
    Blog Kang Romly
    http://kang-romly.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. aku hanya bisa mengucapkan syukur...

    BalasHapus
  13. semoga dengan kenaikan ini diiringi dengan kenaikan pelayanan pada masyarakat yo bung...

    BalasHapus
  14. gaji PNS naik
    ya konsekuensinya kita sebagai kulit yang kena imbasnya hehehe,,,,, sembako ikutan naik sob

    BalasHapus
  15. Vimax Obat Pembesar Penis, Vimax Asli Obat Pembesar Penis, Vimax Canada Original
    Vimax Asli Canada adalah obat pembesar penis yang kuat untuk pria yang membantu untuk menambah ukuran panjang dan memperbesar penis, meningkatkan gairah seksual dan daya tahan seksual. Diformulasikan dari rempah-rempah atau tumbuhan yang khusus dipilih dan ditemukan di seluruh dunia, ketika dikonsumsi setiap hari Vimax Asli telah terbukti dapat meningkatkan kinerja seksual pria, membantu pria mencapai ereksi lebih panjang, besar kuat dan tahan lama.

    ATURAN MINUM :
    – Vimax Original Di Minum Setiap Hari Setelah Sarapan Pagi
    – 1 Hari Cukup Di Minum 1 Kapsul Saja

    Tunggu apalagi segera dapatkan OBAT PEMBESAR PENIS VIMAX CANADA ORIGINAL ini. Hubungi 085290111180 – 08156699610 atau add PIN BB 2A0638C0 untuk pemesanan dan informasi lebih lengkap.

    SEDIA PRODUK :
    – Obat Peninggi Badan 175cm
    – Obat Sipilis Raja Singa, sembuh dalam 2 hari
    – Obat Pelangsing Badan, 7 hari turun 3kg
    – Obat Penyubur Sperma, Obat mandul khusus pria
    – Obat Tahan Lama Mampu Berjam-Jam
    – Alat bantu Khusus Onani Dan Masturbasi

    ALAMAT TOKO :
    Jalan.Bintaro Utama V No.9B, Sektor V Jakarta Selatan

    Pemesanan produk di luar kota / pulau / negeri kami kirim via paket melalui jasa pengiriman : TIKI, JNE, EMS, POS DAN LAIN-LAIN sesuai dengan KESEPAKATAN.

    Pemesanan Via Transfer Bank : BCA _ BNI _ BRI _ MANDIRI

    Jenis pesanan anda akan kita bungkus rapi dan kita RAHASIAKAN isinya demi kenyamanan anda saat menerima paket dari kami.

    KAMI MELANYANI PESANAN PENGGIRIMAN VIA PAKET KE SELURUH INDONESIA :

    Ambon, Banyu Wangi, Balikpapan, Banda Aceh, Kalimantan, Bandar Lampung, Bangka Balitung, Bandung, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Palangkaraya, Bekasi, Bogor, Bontang, Balik Papan, Ciamis, Cilacap, Cilegon, Cirebon, Denpasar, Depok, Gorontalo, Jepara, Jakarta, Jambi, Jayapura, Jember, Karawang, Jawa Timur, Kediri, Kendari, Kupang, Kudus, Pati, Madiun, Madura, Magelang, Malang, Manado, Mataram, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu, NTT, Pangkal Pinang, Pekan Baru, Jawa Tengah, Pontianak, Surabaya, Probolinggo, Riau, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Samarinda, Semarang, Solo, Sorong, Sukabumi, Tegal, Surabaya, Tangerang, Tanjung Pandan, Tanjung Pinang, Tarakan, Sumatra, Ternate, Nabire, Timika Papua, Lombok, Ujung Pandang, Yogyakarta, Makassar, Kalimantan, Bali, Atau Seluruh Wilayah Indonesia Dan Juga Melayani Pembelian Dari Luar Negeri.

    KETERANGAN :
    – Pesan / Order Hari Ini, Hari Ini Juga Barang Anda Kami Kirim
    – Barang Sampai Ke Anda 1-2 Hari Dari Jam Kerja

    PRODUK BERMUTU JAMINAN KWALITAS IMPORT
    RAHASIA KONSUMEN DIJAMIN, SAMPAI TUJUAN DALAM WAKTU CEPAT DAN AMAN.

    http://shopdildo.blogspot.com/2014/11/semenax-obat-penyubur-sperma-no1-didunia.html

    http://shopdildo.blogspot.com/2014/11/obat-penghilang-tato-permanent.html

    http://shopdildo.blogspot.com/2014/11/jual-obat-sipilis-raja-singa-herbal.html

    http://shopdildo.blogspot.com/2014/11/obat-perangsang-wanita-sex-serbuk-china.html

    http://shopdildo.blogspot.com/2014/10/harga-grosir-vimax-canada-obat-pembesar.html

    BalasHapus

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
Check Page Rank
Copyright © Sekitar Kita | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com