Catatan pribadi tentang apa saja

Jumat, 18 Juni 2010

Teh Poci



Kalau berkunjung ke Tegal,mampirlah untuk mencoba teh Poci yang banyak di jual di warung2 makan atau warung2 lesehan sepanjang jalan kota itu.Identitas warteg (warung tegal) serasa kurang pas jika tak menyuguhkan Teh Poci.Teh Poci yaitu teh diseduh dalam poci (cerek kecil) dari tanah liat dan ditambah dengan gula batu dan diminum panas-panas, minuman ini sangat disukai oleh masyarakat Tegal, Slawi, Pemalang, Brebes dan sekitarnya.

Ada istilah teh poci "WASGITEL" singkatan dari wangi, panas, sepet, legi, lan (dan) kentel (kental), yang artinya teh panas, manis, wangi beraroma bunga melati dan berwarna hitam pekat/kental. 

Teh Poci biasanya menggunakan teh (hijau) melati yang mengeluarkan aroma yang khas,Poci yang digunakan untuk menyeduh teh poci biasanya bagian dalam pocinya tidak pernah dicuci tetapi cukup dibuang sisa tehnya saja. Hal ini dipercaya masyarakat Tegal kerak sisa teh tadi akan menambah cita rasa dan aroma teh poci menjadi semakin enak.Di luar daerah Tegal teh poci dapat dijumpai di warteg (Warung Tegal). Perangkat minum teh poci yang asli adalah poci (cerek kecil) dan cangkir dari tanah liat.

Nikmatnya teh poci dari Kota tegal memang tak terkalahkan.... banyak juga lho turis jauh-jauh datang ke jawa hanya untuk mencoba mencicipi nikmatnya teh satu ini bahkan mereka membawa pulang set poci dari tanah liat untuk oleh-oleh dan souvenir. Tidak ada jam yang tepat untuk menikmati teh ini layaknya di jepang dengan upacara minum tehnya atau di inggris tiap sore.



Di tegal orang biasa meminumnya disegala kesempatan. Tapi yang paling terlihat ialah di pagi hari dan sore hari menjelang maghrib.Sambil menikmati sarapan serta beberapa potong gorengan pisang, tahu, tempe dan lain-lainnya atau di sore hari menunggu waktu sholat maghrib sambil berkumpul bersama keluarga.kebiasaan meminum teh poci di Tegal ini disebut CIPOK alias Moci karo Ndopok (Moci sambil ngobrol ) Bahkan kini banyak sekali bisnis lesehan yang merambah di kawasan kota Tegal.Di malam hari akan dengan mudah kita temui banyak warung-warung lesehan di pinggir jalan yang menyajikan teh poci khas Tegal beserta tempe mendoannya. Orang yang baru menggunakan teh poci sering tidak tahu trik dan tip nya agar teh terasa nikmat. 



Untuk minum teh dengan poci tanah ada tata caranya, 
  • jika poci tanah masih baru harus di rebus dulu dengan air teh selama beberapa hari, atau isi poci dengan teh dan air mendidih biarkan seharian besoknya ganti lagi dengan yang baru, pokoknya sampai bau tanahnya hilang. 
  • Dan cara mengaduknya juga, bila memakai gula pasir jangan pernah pada tuangan pertama gulanya mencair semua, usahakan bertahap mengaduknya karena pasti akan berkali-kali menuangkan teh ke dalam cangkir. 
  • Makanya paling nikmat kalo memakai GULA BATU, karena rasa manisnya awet dan lebih gimana gitu…. pokoknya top lah! Satu lagi, yang terpenting bila kita memakai poci tanah jangan ganti-ganti merk teh, jadi harus setia dengan satu merk. Karena ini akan mempengaruhi rasa tehnya 

Kenikmatannya sebetulnya bukan pada teh ataupun pocinya, tetapi pada proses minum tehnya dan melewatkan waktu bersama teman-teman ataupun bacaan/kerjaan saat kita sendiri.






39 komentar:

  1. Hmmm, nikmat nya suasanna dgn segelas teh poci,,
    kalo dijogja aku menikmatinya di kali code kang,,,,

    nice, salam^^

    BalasHapus
  2. @3071129717682538930.0
    perlu ritual khusus sob,kalo dirimu mampir di tegal ,,beda doong sama yg di jogja ato semarang :D

    BalasHapus
  3. Aih..opo iyo koyo ngono d Pemalang..?? Kok kayak suasana d Jepang ya..? (acem pernah aj mampir k sana..ha ha ha..!).
    Jd pengen nyasar ke Pemalang and buktiin teh pocinya. SApa tau d sambut pake marhaban. wkkk

    Salam nge-teh..!

    BalasHapus
  4. @4641095727423184256.0
    iya bu..buktiin ajalah..yg jelas ngga di sambut dengan tanjidor..hehe

    BalasHapus
  5. isuk-isuk ngumpul bareng konco ngenggo kaos oblong mangan jadah goreng ,trus nyrutup teh poci jan mak nyuss banget sob ha ha ha

    BalasHapus
  6. Woow.. spertinya nikmat bro...
    sya bru coba teh poci yg dipasarkan dalam wadah kotak itu.. klu yg seperti ini... hmm.. pengen nih.. :D

    BalasHapus
  7. wah ... jadi pengen mampir ke Tegal nyicipin Teh Poci ...!

    BalasHapus
  8. disamping kopi maka Teh Poci adalah favorit saya ... !

    BalasHapus
  9. waaah saya suka ke kota tegaL tuh om, seLain untuk mengunjungi kerabat disana, juga seLaLu ngacak-ngacak jajanan khas daerah tersebut. jadi kangen nih sama tahu pletoknya, hehehe...

    disiniii... juga da warung teh poci yang tehnya menggunakan teh asLi produksi kota tegaL, karena teh dari kota ini mempunyai kekhasan daLam aroma. jadi kaLo untuk orang-orang yang terbiasa moci, ia akan tau bahwa teh yang digunakan adaLah teh asLi buatan sana atau bukan.

    kaLau jenengan asLi orang sana, dan kebetuLan ketemu WakiL Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Tegal, mohon sampaikan saLam saya untuk beLiau.

    segitu aja duLu yah om, seLamat beraktifitas dan saLam sukses seLaLu.

    BalasHapus
  10. ^_______^ teh poci, wah elok belum nyobain, apa bedanya sama teh sari wangi, atau teh botol sama teajus?

    hehhe

    BalasHapus
  11. kayak minum teh ala jepang az :D hehehehehe

    yg buat saya pengen tu gorengannya itu lho...bagi2 dunk ~__~

    BalasHapus
  12. aq minta teh pocinya donk sob, bolehkan

    BalasHapus
  13. salam sobat
    wah teh poci pancen nikmat jadi pengen

    BalasHapus
  14. Wah, teh Pocinya pasti nikmat tuh...
    Jadi pengen ke Tegal nih...

    BalasHapus
  15. well well tampaknya asyik sekali bersantai dengan nyeruput teh poci. ini termasuk wisata kuliner yang menyenangkan..

    BalasHapus
  16. di semarang rasanya juga ada ya mas aan? saya sih lebih sering ke sana..

    BalasHapus
  17. kunjungan di akhir pekan, hanya ingin mengucapkan seLamat berakhir pekan dan Lam sehat serta sukses seLaLu.

    BalasHapus
  18. kunjungan di awaL pekan, hanya ingin mengucapkan:
    seLamat beraktifitas dan saLam sukses seLaLu.

    BalasHapus
  19. waah dingin2 gini enak nih minum teh poci sambil blgowalking tentunya :D

    BalasHapus
  20. wah... infonya mantep banget mas... jadi kepengen banget tau gimana rasanya Teh Poci asli Tegal... maaf nih kalo baru berkunjung lagi...

    BalasHapus
  21. teh poci mas.. manis gulo batu.. ^_^

    CMIIW

    BalasHapus
  22. untuk saat ini saya tidak mengomentari postingan. hanya saja berkunjung ke blog sahabat yang lama ga mampir" :D
    masih punya software nya togel bang (kyaaa...!!!!)

    BalasHapus
  23. wah...untung gw waktu pulang kesolo lewat tegal beli poci sak set...langsung sedu aaaaah

    BalasHapus
  24. Betul, kenikmatan minum teh adalah pada suasananya. Mirip pas nongkrong di angkringan, rasa teh biasa, tapi suasananya yang luar biasa dan bikin ketagihan hehehe.. sebenarnya sih buang2 waktu ya, taoi sesekali boleh lah, tuk penghilang suntuk, betul? :)

    BalasHapus
  25. tehnya masih di poci nih, jadi kangen sama kota tegaL.
    berkunjung tengah maLam, dateng enggak di jemput dan puLang enggak di anter.

    BalasHapus
  26. teh..teh..teh...
    ngomong ngomong apa ga lebih asyikan ngupi, bang? :D

    BalasHapus
  27. manteeep...palagi ma singkong rebus wuihhh

    BalasHapus
  28. aan, link blog ku dihapus semua dulu bro. ini ada strategi baru ni.. daku gak bisa jelasin di post koment. errr kalo mau sih add aja messenger ku. richarie@live.com thanks

    BalasHapus
  29. Wah..nikmatnya minum segelas teh poci di jogja lagi...luar biasa..apalagi duduk di pinngir sawah dengan angin sepoi2...enaknya..jadi pingin nich.Artikel yang menarik sekali, semoga teh pocinya tetap menjadi ciri khas dari kota jogja dan tak akan tenggelam oleh jaman. thx

    BalasHapus
  30. enak kyknya, baca deskripsinya dah bkin ngiler..... :D

    BalasHapus
  31. Halo sahabat, aku datang berkunjung dan memberi WARNA pada TEH POCI. Salam

    BalasHapus
  32. Wuiiih keren banget blognya... salam kenal ych dari blogger newbie ...

    l
    l
    v
    Downloadscenters.com

    BalasHapus
  33. keren ne untuk tujuan tour...

    nice info sob,,
    trims

    BalasHapus
  34. Hmmm, nikmat teh pocinya. Sesuatu yang khas ini telah menjadi daya tarik bagi kota Tegal. Teh Poci khas Tegal dengan aromanya yang khas akan selalu dikenang oleh para wisatawan.

    BalasHapus
  35. pengen nikmatin teh poci juga ...

    BalasHapus
  36. kalau minat sama pocinya bisa mampir gan ke lapak ane..udah banyak ngejual poci di jabotabek insyaAllah..

    http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016917032/tea-lovers-only---perangkat-minum-teh-dari-tanah-liat-sensasi-alami-abissss

    BalasHapus

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Sekitar Kita | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com