Catatan pribadi tentang apa saja

Selasa, 30 Maret 2010

Rumahmu (Bukanlah) Surgamu

sebelum.....
sesudah....
RUMAHMU bukanlah surgamu, terutama kalau engkau bangun dari duit yang keliru. Misalnya, dari hasil menggelapkan pajak atau jadi makelar kasus. Rumah itu, akhirnya hanya akan dipotret wartawan bukan untuk dikagumi, melainkan untuk dicurigai. Untuk dibanding-bandingkan dengan berapa besar gajimu, lalu pantaskah dengan gaji sebesar itu engkau punya rumah semewah itu. Dan rumah itu akhirnya hanya akan engkau kosongkan karena ia sama sekali tak mendatangkan ketenteraman.

Continue Reading…

Minggu, 28 Maret 2010

ketika resluitingmu terbuka...

Ada begitu banyak persoalan hidup yang menjadi begitu buruk keadaannya cuma karena lupa. Seseorang yang lupa membawa kunci mobilnya tetapi sudah keburu mengunci pintunya, sering harus mengalami soal-soal dramatis yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Seluruh acara penting seharian bisa rusak berantakan. Rencana pertemuan bisnis, makan siang dengan keluarga atau menjamu kolega, bisa cuma digantikan dengan sekadar muter-muter mencari tukang kunci.lebih tragis lagi kalau ada yang lupa mematikan kompor dirumah,baru ingat setelah ia di kantor,dengan terburu-buru ia menelpon tetangganya,sialnya tetangga yang dititipin pesan untuk mematikan kompor lupa bahwa ia mendapat amanah untuk mematikan kompor,ada lagi seorang ibu rumah tangga lupa mengawasi anaknya karena sang ibu lebih asyik chating di warnet,akibatnya si anak lepas dari pengawasan dan jatuh dari apartemenya..ini hanya sekedar contoh akibat penyakit lupa.

Continue Reading…

Sabtu, 27 Maret 2010

Tikus dan kecoa

tidak mudah memecahkan dilema,meski untuk persoalan yang sederhana,karena definisi sederhana itu relatif,selalu berbeda antara satu dan lain kepala,sederhana bagi anda belum tentu bagi saya,misalnya saja persoalan bagaimana menghadapi tikus dan kecoa.
saya belum tahu alasan Tuhan menciptakan kedua makhluk itu,walaupun saya meyakini bahwa sesungguhnya tak ada sesuatupun yang diciptakan sia-sia olehNya,tapi sejauh ini saya belum mendengar apa manfaat kedua hewan itu bagi kehidupan manusia.sementara menunggu jawaban itu datang....
Continue Reading…

Jumat, 26 Maret 2010

Lukisan yang rusak

Suatu hari ada seorang pelukis terkenal sedang menyelesaikan lukisannya dan lukisan ini adalah lukisan yang sangat bagus. Sang pelukis ketika menyelesaikan lukisannya sangat senang dan memandangi lukisan yang berukuran 2×8 m dan sambil memandanginya pelukis tersebut berjalan mundur. dan ketika berjalan mundur pelukis tersebut tidak melihat ke belakang. dia terus berjalan mundur dan dibelakang adalah ujung dari gedung tersebut yang tinggi sekali dan tinggal satu langkah lagi dia mengakhiri hidupnya.

Continue Reading…

Selasa, 23 Maret 2010

Buaya vs Buaya-buaya

seperti biasa saya terlalu asyik untuk sekedar berkomentar menanggapi berita-berita yang terjadi di tanah air kita,saking asyiknya dengan dunia saya sendiri terkadang lupa bahwa saya harus melakukan kewajiban yang lain..ya blog walking (BW),akhir-akhir ini jam BW saya sedikit berkurang,alasanya ya karena itu tadi,jadi saya mohon maaf kepada sahabat bloger semua yang sudah mampir disini tapi saya belum sempat mampir balik,tapi percayalah nanti pasti kalau waktu sudah luang pasti saya akan datangi sahabat semua,karena hanya dengan cara BW dan berbalas komentlah blog ini akan tetap ngexis..

lanjut..
Continue Reading…

Senin, 22 Maret 2010

Belajar dari Liga Inggris


Puluhan klub besar seperti Manchester United, Chelsea, Liverpool, dan Arsenal terlahir dari rahim liga paling bergengsi di dunia ini. Mereka adalah klub yang sukses secara finansial dan prestasi. Saking suksesnya bahkan mereka telah mendirikan sejumlah Sekolah Sepak Bola (SSB) di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Bagaimana dengan negara kita? janganlah bicara prestasi dulu,baru-baru ini PSSI di coret dalam daftar calon tuan rumah piala dunia 2022,sampai tulisan ini di buat saya belum "ngeh" kenapa dan bagaimana,baru mau nyalon aja udah di coret,belum lagi kisruh kongres PSSI

Continue Reading…

Minggu, 21 Maret 2010

Gagasan Elegan Melalui Tulisan

Coba bayangkan, seandainya kemampuan menyampaikan kritik melalui tulisan dosen kita tinggi, bisa jadi aksi jalanan yang terkesan “urakan” yang terjadi dalam aksi mahasiswa di beberapa daerah beberapa waktu yang lalu tak akan terjadi. Karena bagaimanapun, bukankah esensi dari aksi tersebut adalah menyampaikan gagasan dan aspirasi? Dan bukankah pula solusi yang disampaikan dengan kesantunan akan lebih menarik simpati dan terkesan elegan?

Sejarah telah mencatat hal tersebut. Bagaimana Multatuli, nama samaran Douwes Dekker melawan kolonialisme Belanda terhadap pertiwi lewat tulisan yang berisi sindiran atas kesewenangan kolonial Belanda terhadap pribumi. Simak juga Soekarno, Hatta, Natsir, Chairil Anwar, mereka senantiasa melakukan protes dan kritik sosialnya melalui tulisan-tulisan yang tajamnya melebihi sangkur senapan.


Continue Reading…

Sabtu, 20 Maret 2010

Jumat, 19 Maret 2010

Makan Nasi gorengnya di tunda dulu Mr...

saya lagi panik..bukan karena Obama tidak jadi datang ke Indonesia,tapi karena masalah klasik biasa seorang bloger amatiran,seperti yang anda lihat di blog ini disamping kolom sidebar ada ruang kosong yang bagi saya sangat mengganggu,dan ini masalah bagi saya,untuk itu  saya mohon master harus bertanggung jawab terhadap templte blog ini..hehe

tapi kalo ada yang panik karena Obama tidak jadi datang,biarlah saya ingin komentar sedikit mengenai hal itu.Saya kira semua orang sudah memahami bahwa Presiden Barack Obama menunda kedatangannya sampai dua kali adalah karena masih belum terselesaikannya masalah RUU Jamkesnas (National Health Care Bill) di Konggres AS. Jadi suka atau tidak, Presiden Obama pasti akan memprioritaskan urusan domestik ketimbang urusan kunjungan kenegara sahabat. Apalagi kalau negara sahabat itu bukan termasuk negara prioritas dalam strategi  AS saat ini Saya masih tetap yakin bahwa Indonesia tidaklah terlalu penting dalam radar politik global AS sehingga harus menyita konsentrasi Presiden Obama yang masih belum tenang dengan voting di Kongress soal RUU Jamkesnas itu.

Continue Reading…

Kamis, 18 Maret 2010

Saga Pak Susno

Saga adalah semacam hikayat seseorang yang penuh lika-liku yang bisa berakhir happy atau unhappy atau tragis.saya mencoba mengikuti saga mantan Bareskrim Jendral (bintang tiga) Susno Duaji (SD).Ya karena memang Pak SD sedang memerankan tokoh baik setelah beberapa waktu lalu sempat dicap rame-rame sebagai dalang drama "cicak vs buaya". Dengan "asornya" kubu buaya, maka sang sutradara sekarang harus dijadikan sesajen di pelataran politik intern Polri. Namun, Pak SD tampaknya tidak tertarik untuk "just fading away in the background" alias lenyap di latar belakang, tetapi beliau maunya melakukan perlawanan. Untuk itu sekarang peran yang dimainkan oleh Pak SD bertukar: menjadi seorang tokoh super jujur yang dizolimi oleh para boss. Karenanya, kisah yang dibuat sekarang berbeda total: Dari peran buaya sekarang menjadi peran sang pendekar pembela kebenaran.
Continue Reading…

Selasa, 16 Maret 2010

Tragedi Styrofoam

saya sedang bersedih hati,untuk sekedar bersedih tak butuh musibah,kesedihan seperti tamu kata mas prie GS.jika pun hidup ini penuh masalah, toh hari-hariku yang kemarin juga tidak sepi masalah. Lagi pula hidup yang mana yang tidak bermasalah. Tetapi kenapa malam ini, hariku terasa buruk sekali. Tumpukan masalah seperti sambung-menyambung menjadi satu.

Ceritanya, saya membeli nasi goreng dan telur dadar. Setelah siap, saya melihat makanan yang dipesan dan dikemas dalam dua wadah styrofoam. Setelah saya bayar dan dibawa ke rumah, saya terperanjat begitu membuka tas, karena ada cairan yang tumpah. Dalam bayangan saya, tadi mungkin miring, sehingga ada kuah yang tertumpah. Tetapi kemudian ingat kembali bahwa saya hanya memesan nasi goreng dan telur dadar, dari mana cairan ini? Begitu diamati, tampak lebih parah lagi karena ternyata kemasan styrofoam itu berlubang di beberapa bagian karena meleleh. Bahan styrofoam ini ternyata meleleh setelah terkena minyak dari telur dadar yang dimasukkan ke dalamnya pada saat masih panas. Akhirnya karena sudah malam dan lapar tentu saja makanan harus tetap dimakan sebagian saja, yang kira-kira tidak terkena lelehan styrofoam ini. 

Continue Reading…

Senin, 15 Maret 2010

Mahasiswa Rusuh.......... (lagi)

Entah apa yang merasuki para mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, sehingga mereka melakukan amuk dalam forum pemaparan visi dan missi calon Rektormya? Yang jelas, kalau menyimak dari berita di bawah ini, para mahasiswa tersebut tidak puas dengan jalannya pemilihan kandidat Rektor yang, konon, tidak melibatkan mereka atau mahasiswa.
berita selengkapnya disini



mereka pun segera menuntut agar para Kandidat membuat "kontrak politik" dengan para mahasiswa tersebut dan, karena ditegur oleh moderator, mereka pun mengamuk! Apakah memang ada SOP yang mengatakan bahwa dalam pemilihan Rektor di negeri ini, mahasiswa menjadi bagian yang harus selalu dilibatkan? Saya tidak tahu. Tetapi bagi saya adalah absurd apabila mahasiswa menuntut "persamaan hak" dengan cara membuat kontrak politik.

Continue Reading…

Minggu, 14 Maret 2010

Konflik tak berujung:israel vs Palestina

Jujur saja, saya sering mengucapkan syukur kepada Tuhan bahwa saya tidak terlahir sebagai warga bangsa Palestina, tetapi Indonesia. Tetapi hampir bersamaan saya, sebagai ummat Islam dan manusia merdeka, juga berdo'a agar saudara-saudara saya bangsa Palestina secepat mungkin dibebaskan oleh Allah dari penderitaan yang tak terperikan lebih dari 60 tahun lamanya.

derita yang dialamai bangsa ini barangkali tak ada yang dapat mengungguli. Bukan saja ia berada dalam penjajahan dan hidup dalam sistem apartheid yang dilegitimasi negara-negara adikuasa seperti AS, Inggris, dll., tetapi yang lebih parah adalah fakta bahwa bangsa ini juga sedang mengalami sebuah proses kepunahan . Ironisnya, proses itu berlangsung tiap hari dan ditonton oleh milyaran manusia di muka bumi melalui jejaring media dan sistem informasi global. Saya  sudah agak lama tak lagi mau menonton TV yang menayangkan berita tentang bangsa Palestina, dan hanya mengikuti berita melalui media cetak, internet, radio dan jejaring sosial. Mengapa? Karena saya sudah hampir tak punya kapasitas untuk tega menyaksikan penderitaan manusia yang begitu jelas dan nyata namun tak kunjung dapat diselesaikan, seolah-olah, oleh siapapun!


Continue Reading…

Jumat, 12 Maret 2010

Meski Ditolak, Pemerintah Tetap Ngotot Naikkan TDL

sebelumnya saya mau konfirmasi dulu,kenapa tiba2 saya ganti templte,alesanya adalah karena templte sebelum ini sidebar yg tadinya di sebelah kiri tiba2 mlorot jadi dibawah postingan,saya perbaiki sesuai petunjuk mas doyok tapi tetep ngga bisa2,akhirnya jalan satu2nya adalah dengan "meresafel" templte yang lama,toh hak prerogratif sepenuhnya pada saya.bagi saya kalau sesuatu susah di perbaiki jalan satu2nya ya ganti ajaah...*gitu aja kok repot*
lanjutttt...

Saya tidak tahu, apakah Pemerintah semakin pede atau semakin "out of touch" dengan realitas yang dihadapinya. Belum lagi urusan Bank Century kelihatan ujungnya, apakah damai atau kacau, kini sudah ancang-ancang dengan dua front: urusan APBN dan TDL. Bisa saja Pemerintah merasa sangat pede. Pasalnya, soal TDL ini kendat...i sudah ditolak oleh para korporat, apalagi rakyat kecil, toh Pemerintah tetap bergeming. Alasan yang dipakai Menteri ESDM lagi-lagi "no brainer" alias tidak bermutu, yaitu bahwa "TDL yang diterapkan sekarang terlampau rendah dan jauh dari harga keekonomian." Sang Menteri saya kira belum memahami benar kedudukannya : apakah sebagai pelayan masyarakat atau sebagai pedagang sehingga yang dijadikan alasan adalah faktor"keekonomian" saja.

Continue Reading…

Kamis, 11 Maret 2010

teroris mirip dengan tumor ganas

foto by detik
Lampu kuning seharusnya sudah dinyalakan di negeri kita dalam soal Terorisme. Penggerebekan yang baru saja dilakukan oleh Densus 88 Polri di Pamulang, Kab. tangerang Selatan, siang ini makin memperjelas bahwa Indonesia adalah salah satu sasaran operasi kaum Radikal Islam atau Jihadis di dunia. Kendati berbagai operasi ...yang dilakukan oleh aparat keamanan, khususnya Densus 88 Anti Teror, telah menghasilkan berbagai sukses luarbiasa dalam memutus jejaring mereka, toh dengan cepat mereka melakukan regrouping dan muncul kembali. Tak lama sesudah terbunuhnya gembong teroris Jihadis Noordin M Top (NMT) dan penangkapan serta penggerebekan tokoh kuncinya yang lain, kini muncul kembali jejaring baru yang membentang dari Aceh sampai Jakarta.

Continue Reading…

Selasa, 09 Maret 2010

Polisi tidur atau Polisi sedang tidur;sebuah dilema

Saya yakin, semua yang pernah pergi naik kendaraan bermotor pasti pernah melindas polisi tidur. Tak sedikit pula yang pernah mengumpat gara-gara terganggu "polisi yang sedang tidur" ini. Polisi tidur ini hampir kita temui di mana-mana, terutama di gang dan jalan-jalan kecil. 

Tidak jelas siapa pencipta ungkapan polisi tidur. Tidak jelas pula sejak kapan ungkapan itu digunakan dalam bahasa Indonesia. Yang jelas, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Pertama (1988) dan Edisi Kedua (1991), polisi tidur belum terdaftar. Polisi tidur mulai diakui dalam KBBI Edisi Ketiga (2001: 886) dan diberi makna 'bagian permukaan jalan yang ditinggikan secara melintang untuk menghambat laju kendaraan'. Juga tidak ada keterangan pasti mengapa benda itu disebut ‘polisi tidur’, karena istilah ini tidak hanya muncul di Indonesia. Masyarakat di Amerika Serikat juga kadang menyebutnya sleeping policemen, dengan tanda kutip. Meski tidak jelas asal-usulnya, popularitas polisi tidur ternyata sukar dibendung.

Continue Reading…

Minggu, 07 Maret 2010

Cantik Sejati vs Kecantikan Semu di Televisi kita

Kulit kuning langsat, hidung mancung, postur tubuh tinggi semampai (bodi aduhai), baru sempurna. Orang akan bilang, perempuan itu cantik. Sementara seorang perempuan ketika melihat laki-laki berbadan kekar, dada bidang ditumbuhi bulu, hidung mancung, akan bilang laki-laki itu macho. Sejumlah perempuan pun kemudian rajin memakai whitening lotion untuk memutihkan kulitnya, seperti yang ditampilkan dalam iklan di layar kaca itu. Tak jarang pula mengoperasi hidungnya biar tambah mancung atau payudaranya biar tampak lebih berisi, rajin mengkonsumsi obat antikolesterol untuk melangsingkan tubuhnya. Semua itu dilakukan karena keputihan, kemulusan, kemolekan tubuh adalah ukuran kesempurnaan bagi perempuan untuk disebut cantik, seksi.

Continue Reading…

Sabtu, 06 Maret 2010

Kemanusiaan dan Kematian Sang Kucing

Sore itu saya berniat berolahraga. Kaos dan celana pendek beserta sepatu kets, itu yang saya kenakan. Di tepi jalan raya yang ramai, sekonyong-konyong saya melihat sesosok anak kucing berbulu putih dan bertubuh kurus kering tinggal tulang menerobos menyeberang jalan raya yang ramai oleh hilir mudik sepeda motor dan mobil. 

Firasat saya mengatakan bahwa saya terlambat sepersekian menit di tepian jalan raya itu. Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih, kucing kecil itu terlindas sepeda motor yang melintas. Hati saya berdegup kencang. Di tepian jalan raya tersebut, saya melihat dengan mata kepala saya sendiri saat kucing kecil tersebut menggelepar dan berdarah-darah, menunggu waktu untuk meregang nyawa. Saya pindahkan kucing malang itu dari tepian jalan ke dekat halte bercat merah.

Continue Reading…

Kamis, 04 Maret 2010

Mimpi Tsubasa

mari kita endapkan dulu segala hiruk pikuk yang terjadi di negeri ini,bahkan kalau perlu matikan televisi sekarang juga!! hehe , mang kenapa? setelah menyimak pidato presiden tadi, naga-naganya episode selanjutnya bakalan seru nih "DPR vs President","mahasiswa makasar vs polisi" yang terjadi selanjutnya adalah mendadak saya ngga berminat nge bahas itu,kayaknya dari sabang sampai merauke,dari tanah abang sampi rawa bangke ngga ada berita yang baik2 tentang indonesia.

Dengan mendadak pula saya pengen nonton DVD jadul ,walaupun jadul saya suka. ada yang pernah nonton serial kapten Tsubasa?kartun anak-anak jepang ini  dulu pernah tayang di tv 7 (sekarang trans 7) waktu itu serial ini  ditayangkan dengan alasan sederhana yaitu untuk menyambut kejuaraan piala dunia KOREA-JEPANG.


Continue Reading…

Selasa, 02 Maret 2010

film kolosal berbudget milyaran rupiah

hari ini kita di suguhi tontonan dari panggung senayan sebuah episode panjang berjudul "Century", udah bosen kali ya? beberapa coretan yang lalu juga sudah sering mbahas, ending episode ini bagaimana? mungkin itu pertanyaanya,tapi  kalau saya boleh bertanya "dapat apa saya dari kasus ini selain rasa bosen, dsb? *dapet berita buat postingan laah..hehe*

pada tahun 2004 pernah terjadi insiden saling pukul antara anggota dewan,dan tadi siang kejadian itu terulang kembali dalam sebuah panggung di senayan dengan episode "rapat paripurna kasus bank century", jadi kalau alm Gus Dur dulu pernah dawuh kalau anggota DPR itu kaya anak TK,ada benarnya juga,masih mending anak TK,kalau TK kan lagi lucu-lucunya,kalaupun petakilan toh itu wajar namanya juga anak-anak,tapi ini bukan anak TK lagi,tapi anak SMP/SMA yang lagi masa puber / ABG labil yang masih dalam pencarian jati diri,seneng cari perhatian dan suka tawuran (maaf ngga smua loh! ), yah itulah para wakil kita yang dulu kita pilih, saya terus terang dulu golput jadi maaf ya saya tidak ikut "nanggung dosa" kalau kelakuan para wakil rakyat itu tak ubahnya seorang preman berdasi..

Continue Reading…

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Sekitar Kita | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com