Catatan pribadi tentang apa saja

Rabu, 30 Desember 2009

Mobil baru di jalan bopeng

beberapa waktu lalu saya diajak sama teman jalan  jalan keluar kota,kota yang saya maksud masih seputar jateng, saya pun meng "iya" kan ajakan teman saya itu dalam pikiranku kapan lagi bisa jalan jalan naek mobil gratis pula.
disalah satu ruas jalan kami mendapati bahkan kerap menjumpai jalan jalan bopeng (berlubang),disana juga kami menjumpai sejumlah pemuda yang mengacung acungkan ember sambil menunjuk nunjuk bopeng jalan yang telah mereka tutup seadanya dengan bongkahan batu,tanah,atau batu kerikil.mereka yang mengaku mengklaim diri sebagai pemberi jasa bagi pengguna jalan raya dengan menutup bopeng jalan secara ala kadarnya itu.akhirnya pertanyaan remeh temehpun mengganggu pikiran saya , beberapa pertanyaan pertanyaan  itu adalah :


Continue Reading…

Sabtu, 26 Desember 2009

stefanus

lagi santai begini jadi teringat teman lama  waktu sma dulu, yah..jelek" begini aku makan bangku sekolahan juga lho..teman aku itu namanya stefanus,biasa aku panggil dengan steffen, dengan tinggi rata" orang indonesia,rambut sedikit ikal,diatas hidungnya bertengger sebuah kaca mata bersahabat denganya sejak  kelas 1-3,terkadang kita curahat" apa saja,walaupun kita beda agama,aku muslim dan dia (steffen) beragama non muslim.
        kami sering bercakap cakap,berhubungan berdasarkan ketulusan yang kami miliki,kami biasa bertukar pikiran dalam segala aspek kehidupan tanpa harus menyinggung perasaan satu sama lain,tanpa harus
melihat asal usul,etnis,ras atau agama bahkan tidak jarang kita ngobrol" memasuki wilayah teologis,yang oleh kebanyakan orang masih dianggap tabu pada waktu itu.
      prinsip yang kami gunakan,khususnya aku sebagai seorang muslim adalah dengan semangat lakum diinukum waliyadiin Bagimu agamamu dan bagiku agamaku tidak pernah terbesit dibenak masing" untuk saling memaksakan kehendak atau berusaha mempengaruhi keyakinan lawan bicara, kami bisa saling memahami pemahaman orang lain tanpa harus mengikuti pemahaman itu


selain itu kami mengutamakan aspek substansi,itulah mengapa terkadang pembicaraan menyentuh hal peka, karena ada titik temu pada aspek substansi itu, misalnya : Bahwa yang terpenting dari riwayat Ibrahim (umat kristiani menyebutnya Abraham )adalah kepasrahan total dan pengorbanan hamba kepada Allah swt, tentang mana yang benar Ismail atau Ishak maka jalan yang ditempuh adalah dengan mengambil hikmah dari riwayat tersebut.
     begitu juga ketika perbincangan menyinggung soal Nabi Isa a.s (umat kristiani menyebutnya Yesus ) kami tidak mempersoalkan perbedaan pandangan tentang apakah Isa itu anak Tuhan,anak Allah atau bukan tapi kami sama" sepakat bahwa ajaran Isa tentang Cinta kasih memang seyogyanya ditiru oleh siapa saja dengan semangat seperti itu kami bisa bertukar pikiran dengan jernih

Toleransi
menurut kamus Besar bahasa Indonesia to·le·ran·si n 1 sifat atau sikap toleran: dua kelompok yg berbeda kebudayaan itu saling berhubungan dng penuh --; 2 batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yg masih diperbolehkan; 3 penyimpangan yg masih dapat diterima dl pengukuran kerja;
ber·to·le·ran·si v bersikap toleran: sifat fanatik dan tidak ~ menjadi penghambat perundingan ini;
Islam adalah agama yang paling toleran,sebagai agama terkahir Islam mengakui kenabian dan kerasulan sebelumnya,suatu hal yang belum tentu bisa dilakukan oleh pemeluk agama lain.pertanyaanya sekarang apakah sikap toleran itu hanya bisa datang dari umat yang secara kebetulan menjadi mayoritas? tentu saja tidak,toleransi harus muncul dari kedua belah pihak mayoritas maupun minoritas, sering kali kita masih terpaku pada kesan bahwa seolah olah toleransi itu hanya perlu dilakukan oleh umat mayoritas,padahal apakah mereka sudah menerapkan sikap" toleransi yang memadai? semoga sikap toleran yang sudah baik ini akan terus terjaga,sehingga tidak akan tercampur oleh kepentingan"politik seperti dekade sebelumnya.


ilustrasi gbr by http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://zakydanwimba.files.wordpress.com/2008/12/0342.jpg&
Continue Reading…

Kamis, 24 Desember 2009

Surat keputusan pemberian "AWARD PERSAHABATAN" (SKPAP)

SURAT KEPUTUSN PEMBERIAN AWARD PERSAHABATAN (SKPAP)

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
=====================================================================
Menimbang :
a.Bahwa untuk melaksanakan amanat dari sahabat Bloger semua
b.bahwa manfaat dari award Bloger antara lain : menambah semangat dalam per ngeblogan,mendongkrak kredibilitas,dan membuat blog kita terkenal, sebagaimana yang termaktub disini


Mengingat :
                               a. award dari sahabat aephobia   





                                b.award dari sahabat hss-info 

                             
                              c.award dari sahabat mba lina

                                                   
                                   d.award dari sahabat mas goen

                                                     
 MEMUTUSKAN

Menetapkan  :
PERATURAN  http://aanworld.blogspot.com TENTANG PENGAMBILAN DAN PEMBERIAN AWARD

BAB I KETENTUAN UMUM
Pasal 1 :Dalam peraturan ini yang dimaksud penerima award adalah mereka yang selama ini telah mampir,koment,blogwalking dan bertukar link dan atau yang menjadi follower
Pasal 2 : Award ini juga berlaku bagi mereka yang dengan sengaja atau tidak sengaja melihat dan atau mendengar  bahkan mengintip postingan ini,baik disengaja ataupun tidak disengaja

BAB II PEMBERIAN AWARD
Pasal 1 : Dengan segala kerendahan hati terimalah award sederhana ini, yang kami namakan "AWARD PERSAHABATAN"
 

 Pasal 2 : Berikut daftar nama yang berhak menerima award ini :

Pasal 3 : Bagi yang tidak tercantum nama dan link-nya,berhubung jari ini pegel,masih bisa mengambil award ini sebagaimana tercantum dalam BAB I Pasal (1) dan Pasal (2)

 BAB III PENUTUP

 Surat keputusan pemberian "AWARD PERSAHABATAN" (SKPAP) ini, berlaku sejak di postingkan postingan ini,


ditetapkan
didepan computer,  Desember 2009



dibalik postingan ini, aan&toni






   



Continue Reading…

Sabtu, 19 Desember 2009

Ritual pagi ini

didepan komputerku aku merenung lama,mau dibawa kemana hidupku ini..? eh..engga' ding maksudnya mau di bawa kemana arah postinganku ini,setelah hampir setengah bulan 'mati suri' di dunia blog,menyebabkan jari jari ini terasa kaku,seolah olah aku lupa dimana itu letak huruf huruf di keyboard,,,tapi dengan kebulatan tekad dan semangat yang membara serta tak lupa berbakti pada orang tua bangsa dan negara kuteruskan saja jari jari ku yang tidak lentik  ini menari nari di atas tombol keyboard,
 postingan ini adalah pertama kalinya aku nulis langsung,biasanya aku nulisnya di word pard dulu dan ini adalah sejarah dalam hidupku..


hari ini usai sholat subuh kuhabiskan waktu untuk melakukan berbagai ritual pagi,,
ritual pertama,menyusuri trotoar sepanjang jalan tentara pelajar,lewat sulawesi..( maksudnya jalan sulawesi ), sekedar menikmati udara pagi yang masih perawan, angin yang membangunkan alang alang di subuh tadi,, kulihat juga derit langkah pedagang menuju pasar


waktu sampai jam enam,dilanjutkan dengan ritual yang kedua,, kuambil buku yang kubeli setaun yang lalu, buku itu jadulnya judulnya " Me - too is not my style " karangan Stan shih (Stan shih = bosnya Accer ) tau kan Accer..? ( Accer = merk komputer bukan nama makanan..hehe ), bukunya bagus banget buat kesehatan !..lho ngga nyambung..hehe
ditemani secangkir teh hangat lengkaplah sudah ritual ku ini,buku yang mrmikat sukmaku ini aku letakan begitu saja disana, "..ntar aja ah.." gumamku dan si buku pun menjawab "..oke bos "
kulihat kebawah meja,kuraih koran koran disana, ada koran nasional ada koran lokal tapi kok ngga ada koran interlokal yak..
kuraih koran itu dan kubacanya,, beberapa koran masih dengan headline yang sama, ya apa lagi kalo bukan tentang "Siantury" bah,,macam apa pula ini ( dengan logat batak yang ga pas tapi di pas2in biar pas ) .. itu aku berkata dalam hati loh.. setelah aku ngacak ngacak koran itu dengan puasnya, aku masih lanjutkan dengan ritual berikutnya...
kupandangi sebuah "kotak sihir" didepanku, kotak itu bisa mempengaruhi siapa saja yang terbiasa menontonya, sekali lagi ini hanya sebuah kotak! dengan berbagai macam ukuran, tapi kotak ini bukan sembarang kotak, aneh bin ajaib ,, kotak yang di temukan oleh Jhon Logie baird ini punya kekuatan yang mampu mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku para penontonya, apa lagi bagi anak anak kecil yang masih dalam taraf pertumbuhan,,ada yang tau kotak itu apa ?? yap betul seratus...kotak itu adalah..kotak itu adalah...." TELEVISI" (baca= tipi )..* tinggal ngomong tipi aja pake ter muter sgala* hiks..
seperti sahabatku tadi si koran, si tipi pun tak mau ketinggalan dengan brita utamanya masih seputar "Siantury "..bah!! apa yang harus aku lakukan.. apa aku harus memejamkan mata dan menutup telinga, apa aku harus membunuh si kotak sihir itu?? ah tidaaaak... (sambil jedotin kepala ndiri ketembok ),,sejurus kemudian
kupandangi  teh anget itu yang dari tadi aku cuekin begitu saja, dia ( si teh anget ) masih setia disana...
kuhirup pelan pelan sambil sesekali memejamkan mata, kurasakan aroma teh yang begitu menggoda nafsuku...hemmmm,, glegek!! begitu bunyinya setelah melewati tenggorokanku,,

dan sebagai ritual penutup aku hanya ingin menyampaikan terimakasih buat sobat sobat bloger semua yang slama ini masih setia selalu mampir di rumahku yang sederhana ini, yang udah pada ngasih award juga aku sampaikan thanks berat, mungkin akhir taun kali ya..aku bisa nge post award2 itu..
untuk yang banernya ngga ada aku ganti dengan link aja yah,, karena baner2 yang dulu pada ilang karena kecerobohan dan tindakan yang tak terpuji makanya ilang,,mohon di maafkan

dan akhirnya selesai juga postinganku yang berantakan ini,, maaf!


Nb.
happy new year islam
good night and good weekend
survive and succeed is always to bloger all

 gbr by :http://pandebaik.com/wp-content/uploads/2008/05/sketsa-yan-adi-kartun.jpg
Continue Reading…

Rabu, 09 Desember 2009

salam bloger

beberapa hari ini aku jarang maen internet,sebuah ruang yang mengenalkan aku dalam dunia blog dan dari blog ini aku bisa melegakan pikiran dan menyampaikan ide ide yang berdesakan  dikepala,ada begitu banyak topik yang bisa kita tulis,ada begitu banyak peristiwa yang bisa kita catat,dan ada begitu banyak polemik yang bisa kita komentari serta masih banyak hal hal positif yang bisa kita tuangkan ke dalam media yang bernama blog ini.
"sibuk" adalah kata yang akrab di telinga kita,tapi ini jangan di jadikan kambing hitam untuk melalaikan dari hal hal positif lain,justru sebaliknya kesibukan yang menyita waktu sebaiknya di perlakukan sebagai tantangan sekaligus alat ukur sejauh mana kita mampu konsisten terhadap sikap hidup yang seimbang antara waktu dan kewajiban.
sahabat,
Continue Reading…

Senin, 07 Desember 2009

KIAMAT 2012 (CUMA BECANDA)

Di tahun 2012, Tuhan memanggil Presiden AS, Cina, dan Indonesia untuk menyampaikan bahwa Ia memutuskan dalam tiga hari dunia akan kiamat. Tiga pemimpin ini disuruh kembali ke negaranya untuk menyampaikan kepada rakyat mereka masing-masing. Akhirnya ketiga pemimpin ini pulang ke negara masing-masing sambil putar otak bagaimana caranya menyampaikan kabar ini kepada rakyatnya agar tidak panik.

Di depan Kongres Amerika dan disiarkan langsung di TV, Presiden Obama berpidato, “Ladies and gentlemen, ada kabar baik dan ada kabar buruk. Pertama kabar baik dulu. Tuhan itu benar-benar ada, seperti yang kita yakini. Kabar buruk: Tuhan akan memusnahkan dunia ini dalam tiga hari.”

Continue Reading…

Kamis, 03 Desember 2009

Sang pemimpi

      "pakne, sampeyan ki kenapa to..? setiap tidur kok ngigau sendiri ga jelas" yu munah mengadukd ngaduk nasi di dalam panci yang masih di tanak,api kayu bakar di tungku hampir padam,di tiupnya dengan alat tiup sederhana yang terbuat dari bambu hingga asap mengepul memenuhi dapur,dinding yang terbuat dari bambu dan sudah bolong bolong,justru membantu asap lebih cepat keluar.
       "pak..di tanya kok malah bengong " sambil terbatuk batuk karena asap yang mengepul , yu munah mengulangi pertanyaanya kepada kang nasrul suaminya yang daro tadi cuma terdiam,seolah olah ada yang dipikirkanya,
      "jangan terlalu besar apinya, bu.." yu munah mengangguk,beberapa ranting diletakan diatas api kecil itu,di tiupnya lagi dia menjaga agar api tidak menyala besar.
 
   "pakne ki..belum njawab pertanyaanku" sambil mendekati suaminya yang duduk di dipan . kretek kretek dipan itu berbunyi
      "akhir akhir ini aku lagi mimpi aneh,bune.."sambil menarik napas dalam dalam kang nasrul mulai cerita


membuka pembicaraan, berulang ulang bunyi kretek kretek dari dipan setiap kali kang nasrul berganti posisi duduk
   " kamu angkat dulu nasinya, bapak udah lapar nih, aminah belum pulang to bune??" dilihatnya matahari sudah tepat diatas ubun ubun,itu pertanda sudah waktunya makan siang.
     "eaalah pakne..pakne, wong cuman mimpi kok, kirain ono opo.., " dia mengangkat panci dibuka tutupnya,uap menyebarkan aroma harum nasi yang di tanaknya. "ngga usah dipikirin yang macam macam pak, ini makan dulu mumpung masih anget, aminah tadi pamit katanya pulangnya agak sorean, ada les katanya pak, kan sebentar lagi dia mau ada UAN "
   " tapi mimpiku ini aneh , bunee" kata kang nasrul sambil nyruput teh buatan istrinya
   " sampeyan yang aneh kok, namanya mimpi itu kan cuma bunganya orang tidur, udah lah pak ngga usah di bahas,ngimpi kok dibahas, sekarang yang perlu dipikirin tuh anak kita satu satunya aminah, dia udah kelas 3 sma loh pak.."
        bagi yu munah yang berpikiran rasioanal,mimpi suaminya hanya peristiwa umum biasa yang dialami orang ketika tidur,tapi tidak bagi kang nasrul, baginya mimpi dianggap istimewa, karena dari mimpi kadang terkandung makna kejadian yang akan datang,menurutnya mimpi adalah blue print dari realita hidup,dia juga ingat betul bimbingan belajar tempat anaknya les yang didirikan oleh Purdi E chandra katanya berawal dari sebuah impian,

          setelah makan siang kang nasrul pergi keluar rumah,kali ini kepergianya tidak ke pasar membawa pisang untuk di jual.
           "aku metu sek,,bu"sambil pamit kang nasrul menuju kesamping rumah,diambilnya sepeda onta miliknya, ngleyerlah kang nasrul,sementara yu munah yang masih di belakang cuma bisa njawab "iyo pak.." bagi orang desa seperti yu munah dia tidak tahu kegiatan suaminya selain berjualan pisang,jika suaminya bilang bisnis itu sudah cukup baginya,dia ngga mau tahu bisnis apa, tapi insya Allah bisnis yang di jalani suaminya halal
     dengan sepeda ontanya kang nasrul mengayuh,menyusuri jalanan desa,jalan itu tidak begitu rame,pohon pohon mahoni di sepanjang pinggir jalan memberikan hawa yang sejuk , disisi lain hamparan padi yang menghijau menambah indahnya panorama desa itu.
    "..eit..eit..hampir jatuh aku.." akar pohon asam hampir membuat sepedanya oleng,di pinggir jalan menuju desa perbatasan tampaklah sebuah rumah sederhana,berderet mobil parkir di halaman rumah itu, kalau di lihat dari nomor kendaraan tampaknya banyak juga yang berasal dari luar kota , bahkan ada yang berplat merah.
   "..wah ini pasti rumahnya mbah darmo yang terkenal itu.." gumam kang nasrul,di desanya nama mbah darmo sudah sangat terkenal, kata orang orang mbah darmo itu orang pintar atau lebih tepatnya dukun. setelah memarkir sepeda ontanya, kang nasrulpun memberanikan diri menemui mbah darmo sekalian mau konsultasi tentang mimpinya,kang nasrulpun menyampaikan maksud dan tujuan kedatanganya.

  " jadi begini mbah..tadi malam aku mimpi berada di pasar " kata kang nasrul membuka pembicaraan
  sambil komat kamit ,sesekali memejamkan mata, mbah darmopun berkata :

".. itu tandanya kamu akan jadi menteri ekonomi, yang tugasnya ngurusin pasar ekonomi  di negara kita"


"..tapi mbah,, sesampainya di pasar,aku malah di kejar kejar orang banyak, langsung aku lari sekencang kencangnya, lagi pula apa sih enaknya jadi mentri jaman sekarang mbah...salah ngambil kebijakan saja langsung dituntut mundur!... "

"..kalo kamu lari lari dalam mimpimu berarti kau akan jadi atlet nasional.."

"..tapi mbah ternyata orang yang ngejar ngejar aku malah di tembakin orang orang tidak di kenal, lalu aku gantian ngejar si penembak itu,aku sidang dia ditempat,aku marahin dia habis habisan, jadi atlet mbah?? wah ngga mau ah,,apa enaknya jadi atlet, begitu masa jayanya lewat maka tamatlah riwayatku ibarat pepatah habis manis di buang.."
       mbah darmo langsung memejamkan mata,dikeluarkan alat prakteknya berupa kalung rantai, konon kalung rantai ini bisa menerawang siapa saja yang kedapatan mencuri uang, maka tidak heran mbah darmo terkenal seperti sekarang ini, semenjak di dapuk untuk menyelesaikan kekisruhan bank desa, nama banknya "bank leknury" popularitasnya semakin meningkat khususnya di dunia perdukunan. dengan bantuan benda keramat itu mbah darmo dapat menguraikan kekisruhan di bank leknury itu,dia dapat menguraikan kemana aliran dana,siapa saja yang menerimanya dan buat apa dana itu,semuanya terungkap dengan hanya bantuan mbah darmo, tanpa harus membentuk pansus desa.
mulut mbah darmo masih komat kamit,mencoba menafsirkan arti mimpi nya kang nasrul

"..berarti kau akan jadi hakim nanti, tadi kan kau bilang "menyidang" si penambak itu kan??"

kang nasrul cemberut,ia teringat adanya mafia peradilan yang selain melibatkan polisi,jaksa,pengacara,bahkan hakim itu sendiri.
    "..tidak mau mbah..bukan begitu, si penembak itu lolos saat sidang di tempat,padahal tugas hakim kan menyelesaikan perkara,begitu tau dia lolos aku tak putus asa, kukejar ia sampai jembatan..!! "

"..berarti kau akan jadi anggota dewan,yang berfungsi sebagai jembatan kepentingan rakyat"

"..wah jangan mbah,,jadi anggota dewan itu terlalu berat dan aku belum bisa membedakan mana kepentingan pribadi,mana kepentingan rakyat dan mena kepentingan partai..lagi pula dalam mimpi itu aku tak berhenti di jembatan itu, aku terus mengamati gerak gerak si penembak itu dari atas sebuah pohon .."

"..hmmm,, mungkin kau akan jadi pengamat politik.." kembali mbah dukun memberikan penafsiran tentang mimpi kang nasrul yang sedari tadi ngga ada yang pas,dan ini sangat berbahaya bagi reputasi mbah darmo yang terkenal sakti itu

     "..tidak mbah aku ngga mau jadi pengamat politik,jaman sekarang sudah banyak yang jadi pengamat politik mbah,,semuanya pada ngomongin politik,lagian dalam mimpi itu pohon yang aku panjat tumbang.."

    "...terus karepmu piye??" dengan sedikit emosi mbah darmo membentak kang nasrul "..udah sana minggir,gantian sama yang lain..."
".. satu pertanyaan lagi  mbah.." kata kang nasrul dengan perasaan was2 kalau salah ucap bisa bisa di bentak lagi
'..yo wis nanya opo..??" kata mbah darmo sambil sesekali menebar kemenyan ke tungku kecil di depanya.

"..anu mbah,, itu yang mobil plat merah itu mobilnya siapa mbah,dan ada keperluan apa kok banyak mobil berplat merah sowan ke tempatnya mbah.."
sementara mulut mbah darmo komat kamit,tidak mau menjawab pertanyaan kang nasrul, ia pun pergi begitu saja meninggalkan mbah darmo.



source pict by
http://rickyhandoko.files.wordpress.com/2008/09/dream.jpg
Continue Reading…

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Sekitar Kita | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com