Catatan pribadi tentang apa saja

Sabtu, 21 Agustus 2010

Mengapa Umat Islam Cenderung Reaktif ?

Suatu ketika saya berdebat dengan seorang teman tentang surga dan neraka. Ia berpendapat, orang masuk surga karena amalnya. Saya menolak pandangan itu. Bagi saya, orang masuk surga karena rahmat-Nya. Karena cakupan pandangan ini lebih etis dan luas, seperti kemahaluasan Tuhan itu sendiri.

Teman saya masih bersikeras. Katanya, jika menurut pada pendapat saya tentang rahmat Tuhan, berarti sia-sia saja orang beramal shalih. Saya bilang, sama sekali tidak! Mungkin yang sia-sia itu niatnya: ingin masuk surga.

Untuk mendukung pendapat, saya ceritakan sebuah riwayat yang biasa kita dengar. Seorang pelacur masuk surga karena memberi minum seekor anjing yang kehausan. Padahal dirinya juga bernasib sama. Sampai kemudian si pelacur tadi meninggal. Hanya karena rahmat Tuhan lah, yang menentukan nasib pelacur itu. sifat-Nya yang rahman-rahim itu menyelamatkannya dari api neraka.

Continue Reading…

Selasa, 17 Agustus 2010

Saum

Kemarin ngalor ngidul dengan rekan kerja tentang betapa patuhnya orang orang beragama islam untuk menjalankan ibadah puasa. Pertanyaannya kenapa tidak mudah untuk patuh agar tidak melakukan korupsi atau yang lebih sederhana lagi semisal kepatuhan untuk mentaati aturan berlalu lintas.
 
Sampai hari ini bangsa kita memiliki prestasi yang bagus dalam hal bangsa dengan ranking korupsi tertinggi didunia, tentunya mengalahkan tetangga kita Malaysia dalam hal ini. Sayangnya tema seperti ini jarang diangkat dibulan puasa. Yang terdengar lagi lagi kang setan maupun kang iblis yang telah kadung apes sebagai sikambing hitam.
 
Walaupun dalam sejarahnya tidak pernah ada kisah nyata tentang para iblis yang melakukan tindak pidana korupsi, melakukan pembunuhan atas manusia atau tindak kejahatan lainnya, segala perbuatan buruk pastilah ditimpakan kepada sang iblis. Artinya manusia disini diposisikan dipengaruhi, tidak pernah ada ajaran yang mengajak manusia mempengaruhi sang iblis agar menjadi iblis yang baik dan santun.

Continue Reading…

Sabtu, 14 Agustus 2010

Ceritaku dan Cerita Alena

[Cerita Alena] 
Sudah hampir 3 bulan aku berkeliling di rimba beton metropolitan,lelah,capek apalagi saat ini aku terjebak dalam benda seperti kaleng biskuit yang di beri roda,kopaja 45 yang penuh sesak membawaku terseok-seok menerobos kemacetan jakarta. 
" Kenapa sedih ? baru di usir majikan yah?" tanya seorang perempuan berdandan menor yang duduk di sebelahku 
" tak usah sedih ,aku bisa carikan kamu majikan baru,berapa gaji yang kamu minta? " di tanya seperti itu aku hanya menahan napas dan rasa dongkol sambil berdoa mudah-mudahan Bus reyot ini segera sampai ke tujuan dan perempuan di sebelahku ini segera enyah dari hadapanku.tak kuhiraukan ocehan perempuan itu,kulirik sebentar akhirnya perempuan itu diam sendiri, hufht..! kuraih hpku ku sms dia...

Continue Reading…

Senin, 09 Agustus 2010

Safari

Kalo sebagian dari kita ada yang lagi menikmati Keong racun,sementara IHSG sedang merespon Redenominasi,sementara saya cukup merespon banyaknya iklan sirop di tivi sebagai tanda kalo bentar lagi puasa.

Puluhan tahun yang lalu...
Sudah menjadi tradisi bahwa setiap bulan Ramadhan Pak Camat beserta jajaranya selalu mengadakan kegiatan turba (turun kebawah),menyerap aspirasi dari masyarakat dan bersilaturahmi dengan warganya selanjutnya kegiatan ini di namakan Safari Ramadhan.

Desa Nestapa Jaya dengan Bpk Drs Suka miskin sebagai kepala desanya akan menjadi target pertama untuk safari kali ini,desa itu tergolong desa "miskin".maka setelah membentuk semacam Pansaf (panitia safari),di adakanlah persiapan untuk mulai kegiatan itu,nah secara kebetulan Kang Sukar di rekrut menjadi panitia sebagai asisten driver,atau bahasa ilmiahnya "kenek".kawan,ijinkanlah hamba menggambarkan barang sebentar sosok kang sukar ini,karena tokoh kita yang satu ini akan menentukan jalanya cerita selanjutnya

Continue Reading…

Sabtu, 07 Agustus 2010

Belajar Pemilu dari Kota Bikini Bottom

Bikini Bottom, Bikini Bottomshire tepatnya.. adalah sebuah kota yang unik. 
Sebagian besar penghuninya adalah jenis ikan dan makhluk laut lain. Bikini Bottom juga dihuni beberapa makhluk asing bagi dunia laut, misal sebuah spons dan seekor tupai. Kehidupan di Bikini Bottom berlangsung seperti halnya tempat-tempat lain. Ada cita, harapan, cinta dan pernak-pernik kehidupan lainnya.

Hingga pada suatu saat sebuah peradaban manusia menyentuh Bikini Bottom. Sebuah peradaban yang bernama "Pemilihan Pemimpin Kota" atau mereka lebih suka menyebut pemilihan "Major of Bikini Bottom". Sebuah survey dilaksanakan untuk menjaring kandidat-kandidat. Survey dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran major yang sesuai pilihan nurani warga Bikini Bottom. Juga untuk mendapatkan alasan-alasan pemilihan tokoh tersebut. Dan survey menunjukkan tokoh yang dinilai tepat adalah Spongebob Squarepants. Mengapa justru si spons kuning ini yang oleh warga Bikini Bottom paling tepat, berikut beberapa alasan mereka.

Continue Reading…

Minggu, 01 Agustus 2010

Gesar Geser

   K alau urusan mendesain isi rumah nyokap jagonya,jelas ini tidak ada hubunganya dengan yang namanya fengshui apalagi desain tata ruang.yang di lakukan beliau sebenarnya sederhana saja misalnya merubah posisi kursi di ruang tamu dari yang tadinya menghadap ke barat-timur sekarang di geser menghadap selatan-utara,begitu juga yang terjadi di ruangan tengah semua posisi perabot dan pernak-pernik sekarang sudah berganti posisi, " biar hidup lebih hidup..." kata nyokap. " duuuuhhh....! "bingung
 
nggak masalah sih sebenarnya bagi gue,cuman bokap aja yang harus banyak menyesuaikan diri dengan situasi sekarang,apalagi sejak ada peraturan baru "di larang merokok di ruang tengah" . cuman gue heran aja sama nyokap soal hobi barunya ini,pagi masih posisi biasa sorenya pas gue pulang kerja udah rubah posisi dan gue nggak habis pikir dapat kekuatan dari mana nyokap mampu nggesar geser lemari,tv,meja,kursi yang beratnya kadang lebih berat dari berat badanya. " Inilah emansipasi wanita an.." kata bokap, yang jelas gue amini pernyataan itu sambil meneriakan yel-yel "...hidup Ibu kita megawati...!!!" tersenyum lebar

Continue Reading…

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Sekitar Kita | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com