Catatan pribadi tentang apa saja

Sabtu, 17 April 2010

Kelebihan dan kekurangan Andong

kapan terakhir kali anda mengirim surat? selain surat lamaran kerjaan tentunya,terakhir kali anda mendengarkan radio AM/SW?,selain FM lho..dan kapan terkahir kali anda menerima kabar lewat telegram?kapan terakhir kali anda nonton serial "Little missy" dan Tuan Rudolfo tentunya di TVRI? kalo anda bisa menjawab pertanyaan saya yang terkahir itu berarti anda.... (tuuwiirrr bangettt..hehehe)

kapan terakhir kali anda naik andong/kereta kuda/dokar/delman? ritual ini sekarang masih ada dan tak tergantikan walau sudah banyak kendaraan yang cepat dan murah.dan kalo ngomongin andong/kereta kuda/dokar/delman kurang lengkap kalo ngga' ngomongin jogja.eh..harus di bedakan ya andong dan kereta kuda,kalo kereta kuda itu adanya di keraton sedangkan andong yang di luar keraton..(kira2 begitu,,koreksi kalo saya salah yak..)

berawal dari fungsi sebagai kendaraan keraton,kereta kuda ini telah bertransformasi dan lebih banyak di temui di luar tembok keraton sebagai kendaraan wisata nah inilah yang sering di namakan andong.kita bisa menemuinya di kawasan Malioboro,pasar bering harjo,alun-alun utara sisi barat,pasar ngasem sisi timur dll.


Andong atau Dokar atau Delman atau kereta kuda??? terserah dech...
di tempat saya masih banyak juga lho andong,kalo orang pemalang biasa menyebutnya sebagai dokar..walaupun bentuk fisik nya ngga sebagus yang ada di jogja tapi ada keasyikan tersendiri di kala daku menumpanginya duduk disamping pak kusir yang sedang bekerja hush!..tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk.... (lagu'naik delman')
 
Kelebihan dan kekurangan Andong/Delman/Dokar/Kereta kuda..

  • Kelebihan
1.Tidak perlu takut di Razia Polisi...(kecuali polisinya kurang kerjaan;dan mudah2an nasibnya ngga seperti becak di beberapa tempat yang sudah di 'tertibkan') 

2.Bahan bakar murah melimpah dan ramah lingkungan...(sejak postingan ini di buat belum pernah denger tuh istilah udara tercemar gara-gara rumput)

3.Perjalanan terasa santai,bagus untuk meditasi atau melepas stress.....(pengaruh AC alami)

4.Suara lonceng yang unik...(suseh buat nulis suara loncengnya!)

5.Wajah kusir yang Ramah....( tambahan ngga perlu pake argo ) 

6.Punya theme song khusus...(pada hari minggu ku turut ayah ke kota...naik delman istimewa ku duduk di muka...bla..bla...bla, lanjtuin nyanyian yak..)

  • Kekurangan
1.Pemandangan kurang sedap ...(pantat kuda)

2.kotoranya dapat menyebabkan penyakit...(panu,kadas,kurap,dan tetanus,,eh perlu penelitian lebih lanjut ding!)

3.Wajah kuda agak sombong....(apa lagi kalo nyengir,,)

4.Tenaga maksimal hanya 1 HP ...(Horse Power)

5.di luar negeri sono Andong Bisa di modifikasi...(ngga tau nih termasuk kelebihan atau kekurangan )
Andong yang sudah di modifikasi...*andong yang aneh....

===========
sumber gbr
http://www.google.co.id/imglanding?q=andong&imgurl=http://ciepoel.files.wordpress.com/2008/08/andong.jpg&imgrefurl=http://ciepoel.wordpress.com/2008/08/208


33 komentar:

  1. Wah ajib2 mas aan, hehe..lanjut..;-)

    BalasHapus
  2. andong.. di daerah pandi juga masih ada mas.. tapi pandi belum pernah naek.. jadi pengen nyobain euy..

    BalasHapus
  3. salam kawan,
    met malam,,

    cerita andong nih,,, sibecak fantasi dari jogja
    BTW, lucu juga gambar andong yg dibawah,hehehe

    BalasHapus
  4. ratasoe,,yoi lanjutkan,,lebih cepat lebih baik

    BalasHapus
  5. pandy,,berarti kalo naek andong jadi pengalaman pertamxx mu doong...*halah

    BalasHapus
  6. Hdsence..gambar yg bawah itu mobil HAMMER kayak nya..

    BalasHapus
  7. aLat transportasi yg sdh muLai tergerus oLeh moderenisasi.
    saLam kenaL.

    BalasHapus
  8. om rame..jangan sampe tegerus dech..makasih n salam hangat dan salam kenal dr sy,

    BalasHapus
  9. hahaha... Andong modifikasi luar negeri keren juga ya sob...

    BalasHapus
  10. kalau ditempatku Andong paling ada di sekitar Monas atau Taman Mini

    BalasHapus
  11. mungkin kudanya bukan sombong sob ... tp penumpangnya kali sedang .... he3x

    BalasHapus
  12. Aku takut naik andong..
    takut kudanya ngamuk..
    soalnya suka dipecutin..

    BalasHapus
  13. lanjut dan sukses abadi dunia akherat buat aan

    BalasHapus
  14. http://lh4.ggpht.com/_7wsQzULWIwo/S6z7kDXfZsI/AAAAAAAAC80/JrDuueBH-mE/s800/emoticon-0102-bigsmile.gif

    BalasHapus
  15. datang mengunjungi sahabat ku...semoga sehat slalu...amin..

    BalasHapus
  16. Di SUmatera Utara juga ada tu andong. Di daerah Berastagi. Wilayahnya ber-pegunungan. Sejuk lagi...!!

    Slm..Andong.. he he he

    BalasHapus
  17. @ Rock..kereeeen emang modif nya,,hikz

    BalasHapus
  18. warna or bung jhonson,,penumpangnya yg sombong bisa juga sih..hehe

    BalasHapus
  19. itik Bali,,justru kalo ngga di pecut tuh bs ngamuk..

    BalasHapus
  20. dhea,mksh doanya..sukses jg laah,

    BalasHapus
  21. wilyo,,salam silaturhmi,,alhamdulilah sehat..

    BalasHapus
  22. Sri..iya bu salam andong juga ah..

    BalasHapus
  23. kenapa kudanya koq selalu pake penutup wajah ya bung...mungkin malu gak pake baju kali si kuda itu...

    BalasHapus
  24. wuih saya blom nyobain tuh ehhe

    BalasHapus
  25. memang andong sudah tersisih dengan tekhnologi

    BalasHapus
  26. perlu dilestarikan spy tidak punah, hehehe

    BalasHapus
  27. Saya jarang banget nonton acara TVRI sob, mungkin karena terlindas oleh internet yang lebih mencurahi perhatian saya hehe

    BalasHapus
  28. BERKUNJUNG MALAM SOBAT SUKSES UNTUK BLOGNYA SALAM HANGAT
    SEE U......

    BalasHapus
  29. Wah.. samoe segini tuanya.. aku belum pernah sekalipun naik andong.. katrok banget yah.. hehehe

    BalasHapus
  30. udah gak pernah liat andong lagi.. hehe
    dan gak pernah naik juga :(
    ckckck..

    BalasHapus
  31. hayuni itu dx ayu26 September 2014 05.40

    Aku baru sekali naik andong.rasanya enak and nyaman.

    BalasHapus

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Sekitar Kita | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com