Catatan pribadi tentang apa saja

Rabu, 30 Desember 2009

Mobil baru di jalan bopeng

beberapa waktu lalu saya diajak sama teman jalan  jalan keluar kota,kota yang saya maksud masih seputar jateng, saya pun meng "iya" kan ajakan teman saya itu dalam pikiranku kapan lagi bisa jalan jalan naek mobil gratis pula.
disalah satu ruas jalan kami mendapati bahkan kerap menjumpai jalan jalan bopeng (berlubang),disana juga kami menjumpai sejumlah pemuda yang mengacung acungkan ember sambil menunjuk nunjuk bopeng jalan yang telah mereka tutup seadanya dengan bongkahan batu,tanah,atau batu kerikil.mereka yang mengaku mengklaim diri sebagai pemberi jasa bagi pengguna jalan raya dengan menutup bopeng jalan secara ala kadarnya itu.akhirnya pertanyaan remeh temehpun mengganggu pikiran saya , beberapa pertanyaan pertanyaan  itu adalah :


Continue Reading…

Sabtu, 26 Desember 2009

stefanus

lagi santai begini jadi teringat teman lama  waktu sma dulu, yah..jelek" begini aku makan bangku sekolahan juga lho..teman aku itu namanya stefanus,biasa aku panggil dengan steffen, dengan tinggi rata" orang indonesia,rambut sedikit ikal,diatas hidungnya bertengger sebuah kaca mata bersahabat denganya sejak  kelas 1-3,terkadang kita curahat" apa saja,walaupun kita beda agama,aku muslim dan dia (steffen) beragama non muslim.
        kami sering bercakap cakap,berhubungan berdasarkan ketulusan yang kami miliki,kami biasa bertukar pikiran dalam segala aspek kehidupan tanpa harus menyinggung perasaan satu sama lain,tanpa harus
melihat asal usul,etnis,ras atau agama bahkan tidak jarang kita ngobrol" memasuki wilayah teologis,yang oleh kebanyakan orang masih dianggap tabu pada waktu itu.
      prinsip yang kami gunakan,khususnya aku sebagai seorang muslim adalah dengan semangat lakum diinukum waliyadiin Bagimu agamamu dan bagiku agamaku tidak pernah terbesit dibenak masing" untuk saling memaksakan kehendak atau berusaha mempengaruhi keyakinan lawan bicara, kami bisa saling memahami pemahaman orang lain tanpa harus mengikuti pemahaman itu


selain itu kami mengutamakan aspek substansi,itulah mengapa terkadang pembicaraan menyentuh hal peka, karena ada titik temu pada aspek substansi itu, misalnya : Bahwa yang terpenting dari riwayat Ibrahim (umat kristiani menyebutnya Abraham )adalah kepasrahan total dan pengorbanan hamba kepada Allah swt, tentang mana yang benar Ismail atau Ishak maka jalan yang ditempuh adalah dengan mengambil hikmah dari riwayat tersebut.
     begitu juga ketika perbincangan menyinggung soal Nabi Isa a.s (umat kristiani menyebutnya Yesus ) kami tidak mempersoalkan perbedaan pandangan tentang apakah Isa itu anak Tuhan,anak Allah atau bukan tapi kami sama" sepakat bahwa ajaran Isa tentang Cinta kasih memang seyogyanya ditiru oleh siapa saja dengan semangat seperti itu kami bisa bertukar pikiran dengan jernih

Toleransi
menurut kamus Besar bahasa Indonesia to·le·ran·si n 1 sifat atau sikap toleran: dua kelompok yg berbeda kebudayaan itu saling berhubungan dng penuh --; 2 batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yg masih diperbolehkan; 3 penyimpangan yg masih dapat diterima dl pengukuran kerja;
ber·to·le·ran·si v bersikap toleran: sifat fanatik dan tidak ~ menjadi penghambat perundingan ini;
Islam adalah agama yang paling toleran,sebagai agama terkahir Islam mengakui kenabian dan kerasulan sebelumnya,suatu hal yang belum tentu bisa dilakukan oleh pemeluk agama lain.pertanyaanya sekarang apakah sikap toleran itu hanya bisa datang dari umat yang secara kebetulan menjadi mayoritas? tentu saja tidak,toleransi harus muncul dari kedua belah pihak mayoritas maupun minoritas, sering kali kita masih terpaku pada kesan bahwa seolah olah toleransi itu hanya perlu dilakukan oleh umat mayoritas,padahal apakah mereka sudah menerapkan sikap" toleransi yang memadai? semoga sikap toleran yang sudah baik ini akan terus terjaga,sehingga tidak akan tercampur oleh kepentingan"politik seperti dekade sebelumnya.


ilustrasi gbr by http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://zakydanwimba.files.wordpress.com/2008/12/0342.jpg&
Continue Reading…

Kamis, 24 Desember 2009

Surat keputusan pemberian "AWARD PERSAHABATAN" (SKPAP)

SURAT KEPUTUSN PEMBERIAN AWARD PERSAHABATAN (SKPAP)

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
=====================================================================
Menimbang :
a.Bahwa untuk melaksanakan amanat dari sahabat Bloger semua
b.bahwa manfaat dari award Bloger antara lain : menambah semangat dalam per ngeblogan,mendongkrak kredibilitas,dan membuat blog kita terkenal, sebagaimana yang termaktub disini


Mengingat :
                               a. award dari sahabat aephobia   





                                b.award dari sahabat hss-info 

                             
                              c.award dari sahabat mba lina

                                                   
                                   d.award dari sahabat mas goen

                                                     
 MEMUTUSKAN

Menetapkan  :
PERATURAN  http://aanworld.blogspot.com TENTANG PENGAMBILAN DAN PEMBERIAN AWARD

BAB I KETENTUAN UMUM
Pasal 1 :Dalam peraturan ini yang dimaksud penerima award adalah mereka yang selama ini telah mampir,koment,blogwalking dan bertukar link dan atau yang menjadi follower
Pasal 2 : Award ini juga berlaku bagi mereka yang dengan sengaja atau tidak sengaja melihat dan atau mendengar  bahkan mengintip postingan ini,baik disengaja ataupun tidak disengaja

BAB II PEMBERIAN AWARD
Pasal 1 : Dengan segala kerendahan hati terimalah award sederhana ini, yang kami namakan "AWARD PERSAHABATAN"
 

 Pasal 2 : Berikut daftar nama yang berhak menerima award ini :

Pasal 3 : Bagi yang tidak tercantum nama dan link-nya,berhubung jari ini pegel,masih bisa mengambil award ini sebagaimana tercantum dalam BAB I Pasal (1) dan Pasal (2)

 BAB III PENUTUP

 Surat keputusan pemberian "AWARD PERSAHABATAN" (SKPAP) ini, berlaku sejak di postingkan postingan ini,


ditetapkan
didepan computer,  Desember 2009



dibalik postingan ini, aan&toni






   



Continue Reading…

Sabtu, 19 Desember 2009

Ritual pagi ini

didepan komputerku aku merenung lama,mau dibawa kemana hidupku ini..? eh..engga' ding maksudnya mau di bawa kemana arah postinganku ini,setelah hampir setengah bulan 'mati suri' di dunia blog,menyebabkan jari jari ini terasa kaku,seolah olah aku lupa dimana itu letak huruf huruf di keyboard,,,tapi dengan kebulatan tekad dan semangat yang membara serta tak lupa berbakti pada orang tua bangsa dan negara kuteruskan saja jari jari ku yang tidak lentik  ini menari nari di atas tombol keyboard,
 postingan ini adalah pertama kalinya aku nulis langsung,biasanya aku nulisnya di word pard dulu dan ini adalah sejarah dalam hidupku..


hari ini usai sholat subuh kuhabiskan waktu untuk melakukan berbagai ritual pagi,,
ritual pertama,menyusuri trotoar sepanjang jalan tentara pelajar,lewat sulawesi..( maksudnya jalan sulawesi ), sekedar menikmati udara pagi yang masih perawan, angin yang membangunkan alang alang di subuh tadi,, kulihat juga derit langkah pedagang menuju pasar


waktu sampai jam enam,dilanjutkan dengan ritual yang kedua,, kuambil buku yang kubeli setaun yang lalu, buku itu jadulnya judulnya " Me - too is not my style " karangan Stan shih (Stan shih = bosnya Accer ) tau kan Accer..? ( Accer = merk komputer bukan nama makanan..hehe ), bukunya bagus banget buat kesehatan !..lho ngga nyambung..hehe
ditemani secangkir teh hangat lengkaplah sudah ritual ku ini,buku yang mrmikat sukmaku ini aku letakan begitu saja disana, "..ntar aja ah.." gumamku dan si buku pun menjawab "..oke bos "
kulihat kebawah meja,kuraih koran koran disana, ada koran nasional ada koran lokal tapi kok ngga ada koran interlokal yak..
kuraih koran itu dan kubacanya,, beberapa koran masih dengan headline yang sama, ya apa lagi kalo bukan tentang "Siantury" bah,,macam apa pula ini ( dengan logat batak yang ga pas tapi di pas2in biar pas ) .. itu aku berkata dalam hati loh.. setelah aku ngacak ngacak koran itu dengan puasnya, aku masih lanjutkan dengan ritual berikutnya...
kupandangi sebuah "kotak sihir" didepanku, kotak itu bisa mempengaruhi siapa saja yang terbiasa menontonya, sekali lagi ini hanya sebuah kotak! dengan berbagai macam ukuran, tapi kotak ini bukan sembarang kotak, aneh bin ajaib ,, kotak yang di temukan oleh Jhon Logie baird ini punya kekuatan yang mampu mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku para penontonya, apa lagi bagi anak anak kecil yang masih dalam taraf pertumbuhan,,ada yang tau kotak itu apa ?? yap betul seratus...kotak itu adalah..kotak itu adalah...." TELEVISI" (baca= tipi )..* tinggal ngomong tipi aja pake ter muter sgala* hiks..
seperti sahabatku tadi si koran, si tipi pun tak mau ketinggalan dengan brita utamanya masih seputar "Siantury "..bah!! apa yang harus aku lakukan.. apa aku harus memejamkan mata dan menutup telinga, apa aku harus membunuh si kotak sihir itu?? ah tidaaaak... (sambil jedotin kepala ndiri ketembok ),,sejurus kemudian
kupandangi  teh anget itu yang dari tadi aku cuekin begitu saja, dia ( si teh anget ) masih setia disana...
kuhirup pelan pelan sambil sesekali memejamkan mata, kurasakan aroma teh yang begitu menggoda nafsuku...hemmmm,, glegek!! begitu bunyinya setelah melewati tenggorokanku,,

dan sebagai ritual penutup aku hanya ingin menyampaikan terimakasih buat sobat sobat bloger semua yang slama ini masih setia selalu mampir di rumahku yang sederhana ini, yang udah pada ngasih award juga aku sampaikan thanks berat, mungkin akhir taun kali ya..aku bisa nge post award2 itu..
untuk yang banernya ngga ada aku ganti dengan link aja yah,, karena baner2 yang dulu pada ilang karena kecerobohan dan tindakan yang tak terpuji makanya ilang,,mohon di maafkan

dan akhirnya selesai juga postinganku yang berantakan ini,, maaf!


Nb.
happy new year islam
good night and good weekend
survive and succeed is always to bloger all

 gbr by :http://pandebaik.com/wp-content/uploads/2008/05/sketsa-yan-adi-kartun.jpg
Continue Reading…

Rabu, 09 Desember 2009

salam bloger

beberapa hari ini aku jarang maen internet,sebuah ruang yang mengenalkan aku dalam dunia blog dan dari blog ini aku bisa melegakan pikiran dan menyampaikan ide ide yang berdesakan  dikepala,ada begitu banyak topik yang bisa kita tulis,ada begitu banyak peristiwa yang bisa kita catat,dan ada begitu banyak polemik yang bisa kita komentari serta masih banyak hal hal positif yang bisa kita tuangkan ke dalam media yang bernama blog ini.
"sibuk" adalah kata yang akrab di telinga kita,tapi ini jangan di jadikan kambing hitam untuk melalaikan dari hal hal positif lain,justru sebaliknya kesibukan yang menyita waktu sebaiknya di perlakukan sebagai tantangan sekaligus alat ukur sejauh mana kita mampu konsisten terhadap sikap hidup yang seimbang antara waktu dan kewajiban.
sahabat,
Continue Reading…

Senin, 07 Desember 2009

KIAMAT 2012 (CUMA BECANDA)

Di tahun 2012, Tuhan memanggil Presiden AS, Cina, dan Indonesia untuk menyampaikan bahwa Ia memutuskan dalam tiga hari dunia akan kiamat. Tiga pemimpin ini disuruh kembali ke negaranya untuk menyampaikan kepada rakyat mereka masing-masing. Akhirnya ketiga pemimpin ini pulang ke negara masing-masing sambil putar otak bagaimana caranya menyampaikan kabar ini kepada rakyatnya agar tidak panik.

Di depan Kongres Amerika dan disiarkan langsung di TV, Presiden Obama berpidato, “Ladies and gentlemen, ada kabar baik dan ada kabar buruk. Pertama kabar baik dulu. Tuhan itu benar-benar ada, seperti yang kita yakini. Kabar buruk: Tuhan akan memusnahkan dunia ini dalam tiga hari.”

Continue Reading…

Kamis, 03 Desember 2009

Sang pemimpi

      "pakne, sampeyan ki kenapa to..? setiap tidur kok ngigau sendiri ga jelas" yu munah mengadukd ngaduk nasi di dalam panci yang masih di tanak,api kayu bakar di tungku hampir padam,di tiupnya dengan alat tiup sederhana yang terbuat dari bambu hingga asap mengepul memenuhi dapur,dinding yang terbuat dari bambu dan sudah bolong bolong,justru membantu asap lebih cepat keluar.
       "pak..di tanya kok malah bengong " sambil terbatuk batuk karena asap yang mengepul , yu munah mengulangi pertanyaanya kepada kang nasrul suaminya yang daro tadi cuma terdiam,seolah olah ada yang dipikirkanya,
      "jangan terlalu besar apinya, bu.." yu munah mengangguk,beberapa ranting diletakan diatas api kecil itu,di tiupnya lagi dia menjaga agar api tidak menyala besar.
 
   "pakne ki..belum njawab pertanyaanku" sambil mendekati suaminya yang duduk di dipan . kretek kretek dipan itu berbunyi
      "akhir akhir ini aku lagi mimpi aneh,bune.."sambil menarik napas dalam dalam kang nasrul mulai cerita


membuka pembicaraan, berulang ulang bunyi kretek kretek dari dipan setiap kali kang nasrul berganti posisi duduk
   " kamu angkat dulu nasinya, bapak udah lapar nih, aminah belum pulang to bune??" dilihatnya matahari sudah tepat diatas ubun ubun,itu pertanda sudah waktunya makan siang.
     "eaalah pakne..pakne, wong cuman mimpi kok, kirain ono opo.., " dia mengangkat panci dibuka tutupnya,uap menyebarkan aroma harum nasi yang di tanaknya. "ngga usah dipikirin yang macam macam pak, ini makan dulu mumpung masih anget, aminah tadi pamit katanya pulangnya agak sorean, ada les katanya pak, kan sebentar lagi dia mau ada UAN "
   " tapi mimpiku ini aneh , bunee" kata kang nasrul sambil nyruput teh buatan istrinya
   " sampeyan yang aneh kok, namanya mimpi itu kan cuma bunganya orang tidur, udah lah pak ngga usah di bahas,ngimpi kok dibahas, sekarang yang perlu dipikirin tuh anak kita satu satunya aminah, dia udah kelas 3 sma loh pak.."
        bagi yu munah yang berpikiran rasioanal,mimpi suaminya hanya peristiwa umum biasa yang dialami orang ketika tidur,tapi tidak bagi kang nasrul, baginya mimpi dianggap istimewa, karena dari mimpi kadang terkandung makna kejadian yang akan datang,menurutnya mimpi adalah blue print dari realita hidup,dia juga ingat betul bimbingan belajar tempat anaknya les yang didirikan oleh Purdi E chandra katanya berawal dari sebuah impian,

          setelah makan siang kang nasrul pergi keluar rumah,kali ini kepergianya tidak ke pasar membawa pisang untuk di jual.
           "aku metu sek,,bu"sambil pamit kang nasrul menuju kesamping rumah,diambilnya sepeda onta miliknya, ngleyerlah kang nasrul,sementara yu munah yang masih di belakang cuma bisa njawab "iyo pak.." bagi orang desa seperti yu munah dia tidak tahu kegiatan suaminya selain berjualan pisang,jika suaminya bilang bisnis itu sudah cukup baginya,dia ngga mau tahu bisnis apa, tapi insya Allah bisnis yang di jalani suaminya halal
     dengan sepeda ontanya kang nasrul mengayuh,menyusuri jalanan desa,jalan itu tidak begitu rame,pohon pohon mahoni di sepanjang pinggir jalan memberikan hawa yang sejuk , disisi lain hamparan padi yang menghijau menambah indahnya panorama desa itu.
    "..eit..eit..hampir jatuh aku.." akar pohon asam hampir membuat sepedanya oleng,di pinggir jalan menuju desa perbatasan tampaklah sebuah rumah sederhana,berderet mobil parkir di halaman rumah itu, kalau di lihat dari nomor kendaraan tampaknya banyak juga yang berasal dari luar kota , bahkan ada yang berplat merah.
   "..wah ini pasti rumahnya mbah darmo yang terkenal itu.." gumam kang nasrul,di desanya nama mbah darmo sudah sangat terkenal, kata orang orang mbah darmo itu orang pintar atau lebih tepatnya dukun. setelah memarkir sepeda ontanya, kang nasrulpun memberanikan diri menemui mbah darmo sekalian mau konsultasi tentang mimpinya,kang nasrulpun menyampaikan maksud dan tujuan kedatanganya.

  " jadi begini mbah..tadi malam aku mimpi berada di pasar " kata kang nasrul membuka pembicaraan
  sambil komat kamit ,sesekali memejamkan mata, mbah darmopun berkata :

".. itu tandanya kamu akan jadi menteri ekonomi, yang tugasnya ngurusin pasar ekonomi  di negara kita"


"..tapi mbah,, sesampainya di pasar,aku malah di kejar kejar orang banyak, langsung aku lari sekencang kencangnya, lagi pula apa sih enaknya jadi mentri jaman sekarang mbah...salah ngambil kebijakan saja langsung dituntut mundur!... "

"..kalo kamu lari lari dalam mimpimu berarti kau akan jadi atlet nasional.."

"..tapi mbah ternyata orang yang ngejar ngejar aku malah di tembakin orang orang tidak di kenal, lalu aku gantian ngejar si penembak itu,aku sidang dia ditempat,aku marahin dia habis habisan, jadi atlet mbah?? wah ngga mau ah,,apa enaknya jadi atlet, begitu masa jayanya lewat maka tamatlah riwayatku ibarat pepatah habis manis di buang.."
       mbah darmo langsung memejamkan mata,dikeluarkan alat prakteknya berupa kalung rantai, konon kalung rantai ini bisa menerawang siapa saja yang kedapatan mencuri uang, maka tidak heran mbah darmo terkenal seperti sekarang ini, semenjak di dapuk untuk menyelesaikan kekisruhan bank desa, nama banknya "bank leknury" popularitasnya semakin meningkat khususnya di dunia perdukunan. dengan bantuan benda keramat itu mbah darmo dapat menguraikan kekisruhan di bank leknury itu,dia dapat menguraikan kemana aliran dana,siapa saja yang menerimanya dan buat apa dana itu,semuanya terungkap dengan hanya bantuan mbah darmo, tanpa harus membentuk pansus desa.
mulut mbah darmo masih komat kamit,mencoba menafsirkan arti mimpi nya kang nasrul

"..berarti kau akan jadi hakim nanti, tadi kan kau bilang "menyidang" si penambak itu kan??"

kang nasrul cemberut,ia teringat adanya mafia peradilan yang selain melibatkan polisi,jaksa,pengacara,bahkan hakim itu sendiri.
    "..tidak mau mbah..bukan begitu, si penembak itu lolos saat sidang di tempat,padahal tugas hakim kan menyelesaikan perkara,begitu tau dia lolos aku tak putus asa, kukejar ia sampai jembatan..!! "

"..berarti kau akan jadi anggota dewan,yang berfungsi sebagai jembatan kepentingan rakyat"

"..wah jangan mbah,,jadi anggota dewan itu terlalu berat dan aku belum bisa membedakan mana kepentingan pribadi,mana kepentingan rakyat dan mena kepentingan partai..lagi pula dalam mimpi itu aku tak berhenti di jembatan itu, aku terus mengamati gerak gerak si penembak itu dari atas sebuah pohon .."

"..hmmm,, mungkin kau akan jadi pengamat politik.." kembali mbah dukun memberikan penafsiran tentang mimpi kang nasrul yang sedari tadi ngga ada yang pas,dan ini sangat berbahaya bagi reputasi mbah darmo yang terkenal sakti itu

     "..tidak mbah aku ngga mau jadi pengamat politik,jaman sekarang sudah banyak yang jadi pengamat politik mbah,,semuanya pada ngomongin politik,lagian dalam mimpi itu pohon yang aku panjat tumbang.."

    "...terus karepmu piye??" dengan sedikit emosi mbah darmo membentak kang nasrul "..udah sana minggir,gantian sama yang lain..."
".. satu pertanyaan lagi  mbah.." kata kang nasrul dengan perasaan was2 kalau salah ucap bisa bisa di bentak lagi
'..yo wis nanya opo..??" kata mbah darmo sambil sesekali menebar kemenyan ke tungku kecil di depanya.

"..anu mbah,, itu yang mobil plat merah itu mobilnya siapa mbah,dan ada keperluan apa kok banyak mobil berplat merah sowan ke tempatnya mbah.."
sementara mulut mbah darmo komat kamit,tidak mau menjawab pertanyaan kang nasrul, ia pun pergi begitu saja meninggalkan mbah darmo.



source pict by
http://rickyhandoko.files.wordpress.com/2008/09/dream.jpg
Continue Reading…

Senin, 30 November 2009

Anggota dewan dan penjual pisang

sebut saja namanya kang amin,sebelum menjadi anggota dewan seperti sekarang ini,ia sering maen ke rumahku,sekedar ngobrol santai bersama ayahku,menikmati secangkir teh hangat,walaupun secara pribadi saya tidak begitu mengenalnya.kata ayahku kang amin sebenernya orangnya biasa aja,ijazah formalnya pun hanya sma saja, tapi dalam organisasi baik itu ormas maupun parpol dia aktif, berbagai kegiatan didesa pasti kang amin aktif dan terlibat. begitulah sosok kang amin begitu di kenal masyarakat desanya.
          dan ketika musim kampanye tiba,kang aminpun sibuk mencari dukungan
kesana kesini,berbagai metode dalam berkampanye ia lakoni,mulai dari metode membagi sumbangan,ikut mensponsori lomba bola voli dan tak jarang pula ia keliling pasar sekedar menyapa dan bersilaturahmi dengan warganyahari itupun kang amin ke pasar,sebenarnya tidak dalam rangka kampanye atau mencari dukungan tapi karena "timing' nya pas dalam masa masa pemilu jadi kesanya kampanye .hanya ingin membeli pisang, dengan di kawal para pembantunya kang aminpun meluncur ke pasar dengan mobilnya.
beberapa pedagang dan warga yang sedang berbelanja melihat rombongan kang amin langsung berebutan menyalaminya,ada yang sekedar iseng kepengen foto bareng , atau beberapa warga ada yang sekedar melihat wajah sang calon anggota dewan itu.

memang tujuan kang amin ke pasar adalah untuk mencari pisang, maka berjalanlah ia menelusuri pasar, sambil sesekali tebar pesona, di lihatnya para pedagang2 itu. dan kaki kang aminpun berhenti tepat di depan lapak penjual pisang, tampak laris sekali si penjual pisang itu, dari kejauhan kang amin mengamati si penjual pisang itu.


" berapa yang ini mas..?" tanya seorang ibu sambil mengelus sesisir pisang
" lima ribu bu.." si penjual pisang pun menjawab
" wah,,kok mahal banget sih,,  tiga ribu aja yah.."
" mau buat siap to bu pisangnya??".. si penjual pisang balik tanya
"..ini untuk anak saya mas,yang masih sakit dan belum boleh makan nasi "..
mendengar cerita dari seorang ibu yang "melas" itu hati si penjual pisangpun terharu dan tanpa di tawar kedua kalinya cepat cepat pisang itu di berikanya.

" saya minta lima sisir kang.." tiba tiba si penjual pisang di kagetkan dengan suara yang ada di depanya, di lihatnya sosok tinggi besar dengan aroma semerbak dari parfumnya, " pasti ini banyak duitnya " gumam si penjual pisang setelah melihat sosok kang amin yang ternyata mau "nyalon " jadi anggota dewan itu, buru buru si penjual pisang itu menyalaminya.
"..loh bapak ngga nanya dulu ini harganya berapa?" tanya si penjual pisang itu
"..harganya tiga ribu to..? seperti yang ibu tadi beli.." ternyata kang amin mendengar obrolan antara ibu ibu tadi dengan si penjual pisang itu.
"..wah..pendengaran bapak sangat tajam sekali, padahal saya tadi liat bapak ngga ada disini ".

mungkin inilah insiting sang anggota dewan,walaupun masih calon, yang peka terhadap suara rakyat ! atau barangkali kang amin rajin ke dokter THT sehingga Telinganya peka terhadap aspirasi rakyat, Hidungnya peka terhadap bobrok masyarakat dan Tenggorokanya bersih sehingga lantang menyuarakan aspirasi rakyat serta staminanya juga terjaga sehingga kalau sidang soal rakyat tidak mudah ngantuk.

"..sudah saya minta lima sisir " kata kang amin sambil menyerahkan uang 15 ribu "
"..wah,, kurang pak, satu sisir lima ribu, jadi harga semuanya jadi 25 rb " kata si penjual pisang
"..loh sampeyan ini gimana sih, ngga konsisten. masa penjual di beda bedakan, ini namanya diskriminasi " kata kang amin yang mulai agak emosi, tapi mengingat dia akan "nyalon " jadi anggota dewan emosinyapun di tahan

ini bukan masalah diskriminasi,tapi soal keberpihakan
ini bukan masalah "5 ribu" nya atau "pisangnya" tapi lagi lagi masalah "keberpihakan"
sekali lagi "keberpihakan". ketika gara gara buah semangka. atau benih coklat orang sampai berurusan dengan pengadilan. dimana kata keberpihakan itu?

'..jadi harga pasnya berapa?" kembali kang amin mencoba untuk menawar,namanya pembeli juga harus di perlakukan sama,walaupun ia akan "nyalon' jadi anggota dewan, tapi kan baru "nyalon" belum jadi..  mungkin itulah pikiran kang amin pada saat itu.
"..lima ribu pak" tegas si penjual pisang, baginya pembeli adalah raja, tapi entah mengapa si penjual pisang itu mengenakan tarif berbeda kepada kang amin.
" ini.." sambil menyodorkan lembaran 50-an , buru buru kang amin langsung meninggalkan pasar dengan di kawal para bodyguardnya langsung menuju mobil.
"...ngeeeeeeeeengggg" ini suara mobilnya kang amin, entah dari jenis mobil apa sehingga suaranya nyaris tak terdengar

" ..loh..??!!?!?" uang kembalianya belum kuberikan... kata si penjual pisang dengan wajah kebingungan
dengan sepeda ia berusaha mengejar mobil kang amin,sebentar bentar ia berhenti untuk mencari informasi kemana arah mobil tadi
dan akhirnya mobil itupun di dapatnya, si penjual pisang hapal betul mobil kang amin, karena di belakang mobil ada stiker besar bertuliskan "PILIH KANG AMIN NOMOR 69". mobil itu masuk ke sebuah rumah
"permisi.." kata si penjual pisang mengetuk pintu
" cari siapa mas? " kata si penjaga rumah
" bapak ada mba?"
"anda siapa"
"saya penjual pisang " kata si penjual pisang sambil menjelaskan maksud dan tujuan kedatanganya
"..oh langsung aja ke bapak, bapak tadi ada di taman, langsung masuk aja lewat pintu samping mas! "
si penjual pisang pun menuruti perintah si penjaga rumah itu, kakinya melangkah ke arah pintu samping yang di katakan menuju ke taman.pintu itu terbuat dari besi mirip dengan teralis jadi dari luar bisa melihat aktifitas yang ada di taman
"...Asssseemmm,,,bajigur,,juangkrik,,wedus,,sialan! gitu aja nawarnya nritik!!! "
 hampir seluruh anggota kebun binatang di sebut sebut si penjual pisang dengan nada emosi dan seketika itu si penjual pisang mengurungkan niatnya menemui kang amin sang calon anggota dewan itu begitu tau kalau pisang yang di beli tadi ternyata hanya untuk pakan munyuk (sejenis anak monyet )




gambar by http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://lasmamartha91
Continue Reading…

Rabu, 25 November 2009

Mall dan Permen

mungkin kita sering mengalami ketika kita berbelanja di mal,uang kembalian kita ada yang berbentuk permen,katakanlah uang kembalian kita yang seharusnya Rp 6.100,kita akan menerima dalam bentuk 1 lembar pecahan lima ribuan (Rp 5.000),1 lembar pecahan seribuan ( Rp 1.000) dan 1 buah permen, permen ini kita asumsikan sebagai pecahan seratus rupiah ( Rp 100 ).
berangkat dari asumsi itu maka saya ingin membuktikan kebenaranya dan ingin mempraktekan langsung,


hal pertama yang saya lakukan adalah mencari mall untuk di jadikan tempat praktek,karena biasanya di mall itulah kita bisa mendapatkan kembalian dalam bentuk permen itu dan perlu diketahui mall di tempat saya tidak seperti mall di tempat tampat lain atau  kota besar lainya yang memang pantas di katakan mall,tapi di tempatku yang namanya mall yaaa... gitu dech!



kedua, saya mencari teman untuk di jadikan partner,terus terang bagiku kalo  jalan kemana mana sendiri terkadang ada rasa ngga pede gitu, makanya saya ajak seorang teman, dan teman saya itu mengajak adiknya,, jadilah saya,temen saya,adiknya temen saya

ketiga, kalau biasanya orang pergi ke mall berpakain serapih mungkin,tapi kami bertiga dalam urusan pakaian kita memakai gaya sesederhana mungkin.Celana pendek kombinasi kaos garis garis di padu dengan sendal jepit merk "swallow" dengan tetap menjunjung norma norma kesopanan.
keempat, setelah persiapan dirasa matang,persiapan akhir yaitu kami melaksanakan "briping". saya,teman saya dan adik teman saya itu yang masih duduk di bangku SD mengevaluasi segala sesuatunya dan tak lupa berdoa demi kelancaran misi ini.

singkat cerita Tibalah kami di TKP, sebuah toko besar tepat dihadapan kami di depanya tampak tulisan "Selamat datang di Mall (anu) "Pada mulanya kami sempat ragu dan berniat untuk tidak melanjutkan aksi ini,tapi dengan kebulatan tekad dan semangat membara dan demi suksesnya misi ini tentunya perasaan itu kami buang jauh jauh.

          "..Assalamualaikum.." salam pembuka di lontarkan teman saya kepada seorang bapak berpakain seragam seperti satpam, dan saya yakin itu satpam karena di seragamnya ada tulisanya "Satpam ( anu ) ", satu persatu kami menyalami bapak satpam itu layaknya acara tahlilan,setelah ngobrol ngalor ngidul yang saya kira juga ngga penting2 amat akhirrnya kami masuk.Hiruk pikuk pembelanja di tambah riuhnya abg,saya sebut abg karena jelas dari kostum yang di pakai yaitu putih abu2, ada juga yang putih biru tua, malahan ada yang putih merah ( bocah SD ) yang sedang melakukan aksi kongkow kongkow. 
        setelah kami masuk kulihat teman saya begitu girangnya melihat tumpukan pakaian beraneka warna ada Baju,kaos , jaket.tentu saja perasaan gumun berkecamuk dalam dadanya,seolah olah baru kali ini memasuki gedung besar dengan berbagai macam isinya yang disebut toko,karena toko itu besar maka dinamakan mall. tapi perasaan gumun langsung saya tepis,saya mengingatkan ke teman saya itu dengan falsafah jawa yang sangat terkenal pada jaman dulu itu " aja gumanan,aja kagetan " 

       "...dagangan samene akehe kok laka sing dodol ya... dagangan segini banyak kok ngga ada yang jualan " ini kata teman saya dengan logat khas pemalangan. 
       "....hush..kae loh sing nganggo seragam kae ya sing dodol.. hush..itu loh yang pake seragam itu yang jualan " bisik saya 
       " ...owalah,,ayu ayu kok sombong banget,masa dewek mene ora di tekoi, nggolet apa mene mas mbok koyo ngono??"...owalah ayu ayu kok sombong,masa kita kesini ngga di tanyain mau beli apa mas?? gitu kek..." 

       inilah yang di namakan mall dimana seorang pembeli dituntut aktif,kalau kita mau tanya soal harga ya tinggal tanya ke mbak2 itu tampaknya teman saya itu sudah menemukan baju pilihanya,ditentengnya baju itu dan berjalan ke arah SPG (istilah keren untuk penjaga toko )
         ".... kiye pira mba..?"... ini berapa mba? tanya teman saya dengan wajah polos tanpa dosa 
         "...itu harganya ada di label..." mendengar jawaban mba2 tadi temen saya langsung diam,mungkin dalam hatinya berkata " di tanya bukanya njawab" 
         ".. kiye jare kon nang label, mbok gantian ngono sing takon nang ngendi si label kuwe"...." ini katanya disuruh ke label,gantian kamu yang nanya dong dimana letak si label itu " kata teman saya seperti biasa dengan wajah tanpa dosa mengadu padaku.. 

            owalah dasar ndeso,yang namanya label itu kan harga yang tertera dalam sebuah produk,biasanya berupa stiker kecil dan ada tulisan harganya disitu.berhubung saya tidak ingin membuat kecewa teman saya itu akhirnya kami sepakat untuk mencari tahu dimana posisi label itu berada .
        "..stoppp..hayoo, apan nyolong ya.." .." berhenti.. mau ngapain , nyuri ya?" suara pak satpam dengan jelas terdengar di telinga kami 
      "..mboten pak saestu,kulo mboten badhe nyolong,malahan kulo niki badhe madosi njenengan pak.." .." tidak pak beneran kami tidak mau mencuri, justru kami mau menemui bapak " keringat dingin bercucuran menjawab pertanyaan pak satpam itu. 
      "..terus maksudmu piye??" "..terus maksudmu gimana?" itu pak satpam yang nanya 
      "..ngaten lo pak..rencange kulo niki badhe tumbas rasukan,nah terose mbak2 sing teng ngriko supados ningali wae teng Label nek badhe pirso regine, lah,,niki badhe madosi label pak..!"  
      "..begini loh pak,, teman saya ini mau beli baju, kata mbak2 itu harganya ada di label,nah kami ini mau menuju ke label pak.." sedikit penjelasan saya kepada pak satpam. 
dan pak satpampun mulai ragu untuk melancarkan tuduhanya karena tidak cukup bukti maka selayaknyalah kasus ini di SP3 kan! 
      "... iki loh mas, sing jenenge label,, ya regane nong kono kuwi " "...ini loh mas yang namanya label,harganya ya disitu " kata pak satpam sambil menunjukan harga baju itu..
       "..jadi harganya.."??!!?" 
*** 
bahwa baju yang rencanya akan di beli harganya setara satu ekor anak kambing,maka dikembalikan saja baju itu ketempat semula. 
bahwa rencana A gagal kami melanjutkan ke rencana B 
*** 
       akhirnya kami membeli perlengkapan rumah tangga seperti gunting kuku,pembersih muka,body lotion,parfum,krim anti jerawat,shampo anti ketombe,pewarna rambut... halaaaahh bukan itu maksudnya, emang kita mo buka salon bo..! 
setelah menimbang,mengingat dan sebagainya kami sepakat untuk membeli odol dan sabun mandi..hikz,,, kalo tau cuman beli itu mah..di warung sebelah rumah juga ada ngga usah pergi ke mall,tapi berhubung tujuan kami ke mall adalah demi misi seperti yang diatas. 
setelah mengambil barang barang yang akan di beli kami melibatkan diri dalam antrean menuju petugas kasir,mata kami berpatroli mengamati para pembelanja yang lain dan akhirnya patroli kami terfokus ke arah meja kasir,kami melihat perilaku orang yang membayar dan bagaiman si kasir melayani. 
"...hmmm kabeh sing podo mbayar oleh permen euy.." '.. hmmm semua yang mbayar dapat permen euy" mata kami setengah jelalatan ketika memandangi orang orang itu membuang permen yang di berikan kasir tadi ke atas pot tanaman hias yang letaknya kira kira dua meter dari meja kasir 
"...sebelas ribu sembilan ratus rupiah " kata kasir. 
salah satu dari kami mengeluarkan dompet,diambilnya pecahan uang satu lembar 10.000,dua lembar 1.000 "..ini kembalianya mas.."seru kasir sambil memberikan satu permen 
"..loh mba harusnya kembalianya kan 100 rupiah" 
"..maaf ngga ada 100-an, di ganti permen.."
"..jadi permen ini harganya 100??" '..ya mari bu.." 
kata sang kasir sambil mempersilahkan ibu yang antre di belakang kami. i
    inilah yang kami sebut sebagai pengusiran secara halus, dan kami paham itu. kami pun berlalu tapi tak menuju pintu keluar , kami melangkah kearah pot tempat orang orang tadi membuang permen pemberian kasir,satu demi satu permen di pungut,hingga terkumpul 20 biji 
"..mba mau menukarkan.." teman saya menginterupsi sang kasir 
"..tukar apa mas?" 
"..menukarkan permen..." 
".. loh memang kenapa kok permenya di tukar? " 
" kata mbak tadi satu permen di hargai 100 rupiah nah sekarang kita dapat 20 biji berarti dapat 2000 ribu rupiah kan? " 
"..wah ya ngga bisa gitu mas.." 
"..ngga bisa gimana lah tadi mba bilang sendiri kalo satu permen dihargai 100, sekarang giliran saya kembalikan mba malah berkelit.." 

          perdebatan berlangsung lama,kami tetap bersikukuh bahwa argumen kami benar dan kami merasa menjadi korban pemberian permen secara paksa, sementara pembelanja yang lain tertegun melihat kami. barangkali dalam hati mereka juga mengakui bahwa kami memang benar, tapi begitulah potret masyarakat kita yang selalu membiarkan seseorang berjuang sendiri dan baru ikut ikutan nimbrung begitu ada tanda tanda bahwa orang tadi bakalan mau menang.




cerita ini sebenernya hanyalah rekayasa saja, sebenernya antara pak satpam, kami (saya,teman saya dan adiknya teman saya ) , SPG, dan sang kasir sudah saling mengenal sebelumnya,, tapi fakta bahwa di mall sering ada kembalian berupa  permen itu yang tidak bisa terbantahkan.. 
dan berikut barang buktinya :







inilah TKP



 
adiknya teman saya




teman saya ; wajah tak berdosa itu...





ini saya; aktor intelektual (tak mau di publikasikan fotonya )





barang bukti




































































































































Continue Reading…

Sabtu, 21 November 2009

ganti templte



postingan kali ini tidak akan membicarakan bagaimana caranya mengganti templte di blog ,gw yakin semuanya dah pada bisa,dan malam ini kembali hujan turun dari atas langit ke bumi,dari pada ngga ngapa ngapain akhirnya gw ganti lagi templtenya.
sejak berkenalan dengan makhluk yang namanya blog sudah beberapa kali gw gonta ganti templte, kalau di hitung sampai sekarang udah berapa tau ...( lupa ngehitungnya ), karena beberapa alasan makanya gonta ganti terus,salah satu alasanya karena gw memang mengidap penyakit "bosen", kalau gejala bosen kian melanda dan lagi males ngapa ngapain, akhirnya gonta ganti dech...berbagai templte dari beberapa situs dah gw cobain,dari yang bling2,yang simple, yang semi simpel,dan yang terkahir ini,..upss kata terkahir terpaksa gw coret,karena siapa tau besok dah berubah lagi,tapi mudah mudahan  templte ini yang terkahir dan selamanya dan aku mencoba untuk setia.... kepengen sih bikin templet made in sendiri, tapi...(ah,,aku masih ribet dengan urusan itu ), kadang templte ini rasanya cocok buat gw tapi belum tentu cocok buat temen2..
namanya juga bloger amatir yang masih bergelut dengan urusan tema,templte,bacground,trafik dan tetek bengek lainya, padahal menurut gw kegiatan nge blog bukan hanya urusan itu, tapi... (ah lagi lagi gw ngga bisa menjelaskan)... tapi itulah Bloger ada keasyikan tersendiri



untuk mengakhiri postingan ini, inilah beberapa link templte yang telah gw cobain,mungkin temen2 bisa ngasih tambahan, ya..sapa tau besok gw mo ganti lagi.. ( halah! )








Continue Reading…

Kamis, 19 November 2009

jangan menunggu

jangan menunggu senyuman, baru mau berbuat baik
jangan menunggu dicintai, baru mau mencintai
jangan menunggu kesepian melanda,baru menghargai persahabatan
jangan menunggu pekerjaan terbaik,baru mau sungguh bekerja
jangan menunggu mendapatkan banyak,baru mau berbagi
jangan menunggu kegagalan tiba,baru ingat dengan nasihat nasihat
jangan menunggu kesulitan muncul,baru mau percaya dengan doa
jangan menunggu adanya waktu,baru mau melayani
jangan menunggu orang lain terluka,baru mau meminta maaf
jangan menunggu ................
jangan menunggu..............
jangan menunggu............
jangan menunggu..........
jangan menunggu........


sobat bloger yang baik hati dan tidak sombong, silahkan isi titik titik di atas, contohnya :* jangan menunggu di suruh koment baru mau koment.....





Continue Reading…

Minggu, 15 November 2009

Mendengar


sederhana sekali mendengar!hal yang sepele tapi tidak semua orang bisa melakukanya,bukan karena ia tuli secara indrawi,tapi sebagian besar orang lebih suka berbicara dari pada mendengarkan orang lain,manusiawi memang ketika sebagian orang memiliki dorongan yang lebih besar untuk mengungkapan perasaan,pikiran,dan kehendaknya dari pada untuk mendengarkan perasaan,pikiran dan kehendak orang lain.
dari dulu kita diajari untuk lebih banyak berbicara dari pada mendengar,masih ingat ketika pertama kali saya duduk di bangku sekolah,pelajaran pertama yang saya dapat adalah bagaimana berbicara yang baik,bukan bagaimana mendengar yang baik..
"ini Budi,.ini Ibu Budi" dan sang gurupun merasa senang dengan metode seperti itu,dari pada misalnya dengan metode mendengarkan cerita guru kemudian menceritakan kembali cerita itu.
kitapun acap merasa lega karena sukses berdiskusi,apalagi bila orang yang kita ajak berdiskusi mengangguk angguk dan bertepuk tangan mendengar pendapat kita, dalam situasi 'terkini"  tampaknya masih banyak yang gemar berbicara, sehingga sangat sulit untuk menentukan siapa yang benar dan  siapa yang salah.

 selanjutnya Betrand russel,seorang fisuf dari inggris mengatakan :
Continue Reading…

Minggu, 08 November 2009

Paradok masa kini


kita mempunyai gedung yang semakin tinggi
tapi kesabaran yang semakin rendah
jalan yang semakin lebar
tapi sudut pandang yang semakin sempit
semakin banyak membelanjakan
tapi semakin sedikit yang dimiliki
semakin banyak membeli
tapi semakin sedikit yang dimiliki

punya rumah yang semakin besar
tapi kehidupan rumah tangga yang semakin terpencil
semakin banyak tersedia kesenangan
tetapi semakin sedikit waktu untuk menikmatinya
semakin banyak pengetahuan
tapi semakin sedikit kebijaksanaan
semakin banyak para ahli
tapi justru semakin banyak masalah
semakin banyak obat
Continue Reading…

Minggu, 01 November 2009

bahasa

membaca koran, hampir tiap malam ia rajin membolak balik koran, halaman depan yang berisi kisah perseteruan CICAK VS BUAYA  tidak menarik perhatianya,halaman favoritnya adalah kolom lowongan kerja.itu adalah kebiasaan kawan saya setiap maen ke rumah,walaupun ia sudah bekerja sebagai sales salah satu produk,tapi kebiasaan membaca lowongan kerja di koran masih menjadi kebiasaanya sampai sekarang, dan tadi siang kawan saya itu seperti biasa maen ke rumah sehingga terjadilah dialog nasional obrolan ringan antara aku dengan dirinya
" ini jelas tidak konsekuen " itu kawan saya lagi ngomong  " lihat,,diatasnya tertulis warga negara indonesia tapi di bawahnya ada syarat :menguasai bahasa asing, ini kan membingungkan " sambil menunjukan kolom lowongan kerja di salah satu koran .

Continue Reading…

Sabtu, 17 Oktober 2009

tentang copy paste


dalam sebuah majalah ada salah satu kolom yang bagi saya cukup menarik yaitu  tentang copy paste, dengan judul"Geliat Siswa Generasi Copy Paste",disana dijelaskan bahwa satu sisi negatif kemajuan teknologi adalah terlahirnya generasi generasi instant, bagaimana para siswa kita dengan satu klik saja dalam mesin pencari bisa mendapatkan apa yang diinginkan khususnya dalam menyelesaikan tugas tugas sekolahnya,lebih jauh disebutkan dalam artikel itu bahwa jika kecenderungan copy paste dibiarkan membudaya ,perkembangan intelektual siswa menjadi taruhan.selain berpotensi mematikan kreatifitas , juga mengindikasikan maraknya ketidakjujuran intelektual dikalangan sebagian siswa.
kira kira begitu inti dari artikel itu.

memang hebat efek dari  kemajuan teknologi,hanya dengan klik kanan siswa tidak usah repot repot pergi keperpustakaan mencari literatur2 yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugasnya.
menyalahkan sepenuhnya terhadap siswa juga rasanya tidak adil,apa lagi menyalahkan teknologi informasinya jelas tidak mungkin.seorang siswa yang bermasalah dengan ketidak jujuran intelektual bukan berarti tidak mempunyai daya kreatif, tapi karena mereka di besarkan dan terlahir oleh sebuah "sistem" pendidikan yang kurang memperhatikan wilayah kepribadian,
Continue Reading…

Kamis, 08 Oktober 2009

buku buku yang lahir dari sebuah blog

perkembangan teknologi internet berjalan cukup pesat,salah satu fasilitas yang mendapat perhatian cukup besar adalah tentang jurnal online yang berisikan pemikiran kehidupan pribadi dan artikel lainya yang di entri kedalam sebuah wabsite,kemudian diurutkan berdasarkan tanggal entri,hal inilah yang selama ini kita kenal dengan sebutan blog.Para pemilik blog kemudian kita sebut Bloger,yang memanfaatkan media blog untuk kepentingan kepentingan tertentu.ada blog yang mengkhususkan pemabahasanya di bidang kesehatan,politik,hukum,agama dan kehidupan pribadi misalnya.
apa yang mungkin didapatkan seorang bloger? seorang bloger bisa menyalurkan emosi dan pendapatnya serta pemikiranya dalam sebuah media blog,ini hanya salah satu manfaat saja, atau mungkin dari blog yang kita kelola kemudian ada penerbit yang melirik postingan postingan kita , lahirlah sebuah buku, dan buku buku yang terlahir dari blog sejauh yang saya temukan adalah :

Continue Reading…

Sabtu, 03 Oktober 2009

sekedar catatan


..mungkin tuhan mulai bosan melihat tingkah kita yang selalu salah dan bangga dengan dosa dosa,atau alam mulai enggan bersahabat dengan kita coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang..

sepenggal lagu ebiet G ade itu seakan akan menjadi "lagu wajib" tatkala ada kejadian atau musibah yang menimpa,entah itu gempa bumi,banjir,tanah longsor dan lain lain. alam tidak mulai lagi bersahabat dengan kita,atau "kita"nya yang tidak lagi mulai bersahabat dengan alam.gejala alam yang tidak dapat di prediksi lagi,hitung hitungan kala mangsa terutama bagi sebagian masyarakat jawa seperti januari yang di artikan sebagai hujan sehari hari, atau maret yang di artikan sebagai ma'ret atau hujannya Ret ( reda ) sudah tidak bisa menjadi tolak ukur.suara suara tonggeret ( sejenis hewan belalang ) yang menandakan waktu mulai senja atau sore hari agaknya sudah mulai hilang.kita merasakan akhir akhir ini ketika siang hari matahari begitu teriknya ,sedangkan dimalam hari kadang terasa dingin,sungguh gejala alam yang tidak mulai seimbang.

akhir akhir ini bencana seolah olah terjadi begitu dekat rentang waktunya,baru di bulan Ramadhan lalu (2/9) terjadi Gempabumi tektonik berkuatan 7,3 SR yang melanda Kota Tasikmalaya,masih di bulan yang sama terjadi juga Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,1 skala richter (SR) terjadi di Sipura Mantawai Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) pada Sabtu pukul 01:48 WIB.dan yang terbaru adalah gempa bumi yang terjadi di kota Padang,dan masih banyak lagi kalau kita mundurkan waktu lagi ke belakang..




Bagaimana Orang Mukmin Bersikap bila Musibah Datang?

"Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (QS Al Hadid: 22)"

Bisa jadi ini teguran agar kita selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala apa yang dilarang-Nya.secara alamiah musibah itu mungkin gejala alam, tetapi jika ditinjau dari segi keimanan, bisa jadi apa yang terjadi itu adalah karena ulah kita sendiri
***
idul fitri sudah berlalu di hadapan kita,gegap gempita menyambut bulan Ramadhan terasa begitu "heboh",sepanduk2 menyambut datangnya bulan suci itu dapat kita temui di berbagai jalanan,acara acara pertelevisian dikemas sedemikian rupa menyesuaikan Ramadhan,walaupun terkadang tidak ada yang sesuai,lagu2 religi beredar dimana mana,kegiatan tadarus al quran terdengar di corong surau surau atau mesjid mesjid,hiruk pikuk itu kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mudik atau pulang kampung,mengutip apa yang dikatakan Gus Mus dalam kolomnya di sebuah surat kabar,bahwa bulan Ramadhan seolah olah menjadi milik kaum muslim,dan harapan beliau "kehebohan" ramadhan seyogyanya tidak terjadi di bulan ramadhan saja,tetapi di bulan bulan berikutnya, kita berbuat baik tidak hanya melulu bulan Ramadhan,dan Ramadhan yang sesungguhnya adalah di luar Ramadhan,

sumber gbr : swaraberita.com
Continue Reading…

Sabtu, 19 September 2009

coretanku mengucapkan terimakasih


pada kesempatan yang baik ini ...
coretanku   mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MINAL AIDIN WAL FAIZIN MOHON MAAF LAHIR BATIN
coretanku  juga  mengucapkan terimakasih kepada sobat bloger semua,khususnya bagi yang telah memberikan award,walaupun coretanku sebenernya tergolong pendatang baru dalam dunia bloger,semoga dengan award ini silaturahmi kita tetap terjalin,saling berbagi ilmu, dan menambah teman. Ini adalah Oleh oleh dari sobat NURA yang berada di Aljubail Saudi Arabia..( makasih ya mba...)



kalo yang ini datangnya dari sobat Ginanjar , khusus yang ini saya akan membagikan lagi kepada 10 sobat anatara lain ; 1). SRI RAHAYU  2).TONI  3) ELOK 4). HERLAND 5). NUR ABIDAH 6). LEBAH MERAH JAMBU  7).BEJO 8). SHANUSY0809  9). RISAL 10). IMAS
Aturanya sobat bloger harus menyertakan link2 berikut:
1. Rizky
2.kupu.miss.oemang
3.shulayman
4.Imenoreh
5.Shulayman
6.satriacell
10.CORETANKU ( ini adalah link saya, taruh link sobat di no 10 ) jadi nantinya coretanku menjadi no 9 dst..untuk lebih jelasnya bisa lihat aturanya di sobat /http://anjar-kluwut.blogspot.com/



kalo ini ada parcel dari shanusy0809


dan yang terakhir dari trik-tips blog







Continue Reading…

Sabtu, 12 September 2009

ini ceritanya postingan


kembali postingan remeh temeh ini hadir di hadapan anda,sungguh postingan yang layak untuk tidak di baca,apa lagi untuk anak anak di bawah umur yang belum bisa mbaca..
hari ini adalah hari minggu,maksudnya minggu2 terakhir di bulan Ramadhan,dan di hari minggu ini saya menyusuri jalanan kota pemalang .
di minggu pagi tampak lengang,dari jalan A yani,Pemuda,dan sudirman kalo jam segini tampak sepi banget.
itu saya jalan jalan mengitari kota pemalang,bagaikan polisi yang lagi patroli memantau situasi jalanan kota, bedannya kalo polisi make motor kalo aku pake sepeda ontel,, ya sepeda ontel masa ga tau siy? kalo pengen tau apa itu sepeda ontel buka aja di www.geogle.com pasti ketemu.


"walaupun puasa tapi olahraga jalan terus dong,itu buktinya aku bersepeda ria,, "
( padahal memang lagi ngga ada motor di rumah ). itu sepeda aku parkir di depan perpustakaan ,sekalian ke warnet,sekalian mbalikin buku,sekalian silaturahmi dengan penjaga warnet yang cantik (katanya).. hehehe ,, duduk aku di warnet,ngga usah tanya ngapain ke warnet, yah pasti mbuka blog, lama nian aku tidak mbuka blogku ini,ngga usah tanya juga kenapa aku baru ngapdet ini blog.namanya juga bloger amatiran,yang terkadang angot2an,

ucapan makasih
buat temen temen bloger semua yang sudah koment,yang sudah jadi follower aku,atau yang aku follow,atau yang pada nangkring di shoutmix khusunya yang ngasih award2,,(besok tek ambil awardnya) saya ucapakan terimakasih banyak dan penghargaan yang setinggi tingginya kapada kalian semua, dari kalian aku belajar banyak tentang blog..dan untuk kesekian kalinya blogku ini berganti baju (baca templte) dikarenakan sesuatu dan lain hal,untuk sementara link dan banner sahabat belum aku pasang,tapi nanti aku pasang kembali.

met puasa , met lebaran
kita sudah di penghujung bulan ramadhan,tampak kesibukan di sana sini,mall2 dan pusat perbelanjaan jadi rame,dirumah juga lagi pada bikin kue .. (aneh, lebaran mau habis kok malah pada seneng yah).
buat temen temen semua yang menjalankan ibadah puasa saya ucapkan met puasa, yang mau mudik hati hati di jalan,,
tampaknya hari mulai panas nih, itu lihat di luar matahari tampak tegak lurus dengan bumi..dan sepertinya jari tidak lentiku ini harus aku angkat dari keyboard (maksudnya mau pamit)..



NB ..sebelum pamit bwt temen temen bloger ,ini postingan enaknya dikasih judul apa yah..? ayo siapa yg mo pertamaxx koment,, ntar dapat pahala lho.. he

sampe ketemu lagi setelah lebaran yah.. dadah!
Continue Reading…

Kamis, 20 Agustus 2009

gado gado

bagi kita masyarakat indonesia pasti pada kenal dong yang namanya gado gado, itu loh makanan yang berupa sayuran yang direbus menjadi satu dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.
Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau terkadang juga disajikan dengan lontong.
..hemmm enak yah?? terus apa hubunganya dengan postingan ini?bukan mau ngasih tau cara membuat gado gado atau ngasih tips2 menyajikan gado gado tapi beneran tdk ada hubunganya sama sekali dengan postingan ini..hehehe,,tapi serius nih,,gw posting sambil makan gado2 spesial buatan mamah tercinta..hiks

Continue Reading…

ngeblog makin asyik dengan pernak pernik

pernak pernik/aksesoris/widget atau apalah namanya  rasanya menjadi wajib bagi kita yang ingin menambah blog kita tampil cantik dan atraktif,banyak layanan yang menyediakan pernak pernik tersebut.caranya pun relatif mudah,kita tinggal mengambil kode HTML,lalu kita pastekan ke blog kita.
berikut berbagai penyedia pernak pernik blog..

Continue Reading…

Sabtu, 15 Agustus 2009

Tentang aplikasi di face book

Berbagai Fitur yang disediakan Facebook tampaknya semakin lengkap dan semakin menarik saja,ada chat,buat yang gemar nulis2 ada Note,dll.
salah satu alasan kenapa facebook banyak penggemarnya adalah karena adanya berbagai aplikasi,baik yang disediakan oleh facebook sendiri maupun dipasok dari pihak ketiga,bahkan kita sendiripun bisa membuat aplikasi.aplikasi  atau yang sering disingkat apps bisa berbentuk macam macam,,ada permainan kuis,game dll, dan 10 aplikasi terbaik bisa di lihat disini, dan aplikasi yang sedang saya pakai adalah NetworkedBlog dengan aplikasi ini kita bisa terhubung dengan bloger bloger di seluruh dunia.sementara untuk mendengarkan musik biasanya saya pakai ini Last Fm Music .atau sekedar corat coret bisa digunakan grafiti atau mau maen poling polingan bisa di  Opinion Poll  bagaimana menurut anda? tentunya terserah pada anda sendiri,,sepanjang itu untuk kebaikan dan tidak disalah gunakan tentunya tidak apa apa,,,
Continue Reading…

Kamis, 13 Agustus 2009

Bila email kita penuh dengan Notifikasi Facebook

hari gini siapa yang ngga kenal facebook,situs jejaring sosial ini telah menjadi euforia bagi siapapun,termasuk saya pribadi,tapi entah mengapa akhir akhir ini jadi jarang "ngapdet status",pelan pelan saya kurangi untuk berpesbuk ria hmmm,, disamping menyita waktu,untuk saat ini ak
u lebih"sreg" ber"Blogingria",;

di blog kita bisa narcis2an tapi tetep berpikir untuk tidak sembarang narcis, walaupun begitu fscebook bagi saya tetep bermanfaat,kita bisa terhubung dengan teman2 lama yang dulu jarang banget ketemu...hmmm terlalu panjang intronya yah..kita akan membahas bagaimana cara mematikan Notifikasi pada facebook.Postingan Remeh temeh ini mudah2an berguna bagi para newbie..
setiap aktifitas kita di facebook seperti menambah teman,bergabung di grup,dll pastinya kita akan mendapat pemberitahuan/NOtifikasi dari admint facebook yang diteruskan ke alamat email kita.tentunya email kita penuh dengan notifikasi dari facebook,,nah untuk mematikan Notifikasi2 dari face book berikut caranya :
pertama,,setelah kita log in ,lihatlah di pojok kanan bawah pada PC anda,klik di bagian notifikasi atau lihatlah ilustrasi dibawah ini




















kedua, akan muncul halaman notifikasi seperti gbr di bawah ini, nah kita tinggal memilah milah Notifikasi yang perlu diaktifkan atau tidak..
gampang kan?? terkadang Notifikasi juga datang dari berbagai aplikasi yang kita pakai,baik yang disediakan oleh facebook maupun pihak ketiga,,aplikasi2 seperti apa yang menurut saya bermanfaat?? buat postingan besok aja lah..)
















Continue Reading…

Jumat, 07 Agustus 2009

Pengaturan privasi pada facebook

Posting tentang face book..seperti biasa dari pemula untuk pemula,,kalau ada yang dah tau ya,,ga usah di baca..hehe

Sepanjang kita menggunakan facebook,tentunya kita akan secara terus menerus mengungkapan informasi pribadi kita sendiri dan temen temen kita.facebook memiliki beberapa pengaturan agar informasi yang tersebar hanyalahinformasi yang kita inginkan.

1. klik Privacy setting di kolom pojok atas atau lihatlah gbr di bawah ini












2. muncul gbr spt ini











3.tinggal kita pilih mau nyetting yang mana,,disini terdapat empat pilihan yaitu : Profile,search,news feed and wall, dan Application.

Misalnya kalau kita ingin mengatur siapa saja yang bisa menemukan kita di facebook..tekan tombol search..lihat gbr



4.klik pada kolom Search Visibility..lihat gbr














  • every one ..dengan pilihan ini semua orang yang bergabung di facebook dapat menemukan kita
  • friends of friends ..pilihan ini hanya orang yang bergabung dalam network yang kita ikuti dan temanya teman yang dapat menemukan kita
  • only friends..hanya teman kita
  • customize….semua jaringan


apa lagi yah..nggg** pokoknya gitu dech...






























Continue Reading…

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Sekitar Kita | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com