Catatan pribadi tentang apa saja

Minggu, 01 November 2009

bahasa

membaca koran, hampir tiap malam ia rajin membolak balik koran, halaman depan yang berisi kisah perseteruan CICAK VS BUAYA  tidak menarik perhatianya,halaman favoritnya adalah kolom lowongan kerja.itu adalah kebiasaan kawan saya setiap maen ke rumah,walaupun ia sudah bekerja sebagai sales salah satu produk,tapi kebiasaan membaca lowongan kerja di koran masih menjadi kebiasaanya sampai sekarang, dan tadi siang kawan saya itu seperti biasa maen ke rumah sehingga terjadilah dialog nasional obrolan ringan antara aku dengan dirinya
" ini jelas tidak konsekuen " itu kawan saya lagi ngomong  " lihat,,diatasnya tertulis warga negara indonesia tapi di bawahnya ada syarat :menguasai bahasa asing, ini kan membingungkan " sambil menunjukan kolom lowongan kerja di salah satu koran .



"katanya bahasa itu menunjukan bangsa , orang yang pakai bahasa asing berarti dia orang asing,padahal yang di carikan berkewarganegaraan indonesia"
coba bayangkan sobat bloger semua,.seandainya sobat bloger semua dalam posisi saya apa yang sobat bloger lakukan...untuk menghajar maksudnya memberi pelajaran pada kawan saya itu.
"maksud dari lowongan itu kan mencari orang indonesia yang bisa berbahasa asing,artinya perusahaan menginginkan SDM yang bisa merespon perkembangan dunia secara cepat "
"...dan itu hanya bisa di capai kalau kita menguasai bahasa asing ?"..itu kawan saya tanya ,sambil minum es teh anget "cleguk"
" tapi kenapa kok yang di jadikan bahasa internasional itu kok bahasa inggris ya? kok ngga bahasa indonesia saja atau bahasa jawa ."
" ya..kita semua tahu siapa inggris (negara inggris_red) , konon fakta historis menunjukan bahwa Inggris negara yang paling banyak mempunyai negara koloni, lebih separoh dari negara di dunia ini pernah di jajah oleh inggris.."
..kalo ini saya yg jwb

"..nah ini yang lebih parah, sudah tau menjajah,tapi malah bahasanya di abadikan , dinobatkan jadi bahasa internasional,,kita ini memang kulturnya kita seperti ini kali ya..sudah tau yang suruh di berantas tu korupsi, tapi malah sang pemberantas korupsi yang di tangkap..." ini kawand saya sudah mulai emosi kayaknya dech...
" dari struktur , gramatikal dan etimologi bahasa inggris lebih sempurna.." ini kata saya , walaupun saya juga bingung...kaya  tau aja yang namanya etimologi,gramatika & etimologi..
" kalau pengen sempurna bahasa jawa kurang sempurna apa? di sana ada tingkatanya..ada ngoko,krama,dan krama inggil.."
"justru karena ada tingkatanya itu yang membuat susah untuk di pelajari.." ini saya yang ngomong
" bagaimana kalau bahasa indonesia saja " itu kawan saya, nanya lagaknya seperti orang sedang negosiasi proses jual beli barang aja.
"...boleh , jadi mulai kapan nih..?" kata saya sambil minum es teh anget juga .. "cleguk"
"..tapi yen dipikir pikir bahasa indonesia juga susah untuk dijadikan bahasa internasional, karena di sana (bahasa indonesia_red) terdapat banyak istilah atau penghalusan makna disana sini atau kata pak Hadi di sebut eufimisme, sebagai contoh ;
  • ditangkap = diamankan 
  • digusur = ditertibkan
  • kenaikan harga = penyesuaian harga
dan masih banyak contoh yang lain lagi...
.." tapi itu kan dulu..." ini kata saya,, mendengar jawaban kawan saya itu ,tiba tiba jadi terharu,terharu bukan karena  mendengar penjelasan kawan saya itu, tapi tiba tiba saja dia menyebut nama Bp Hadi , guru bahasa indonesia waktu sma, yang sekarang sudah "Almarhum".. semoga mendapat yang terbaik disisi Nya ya pak..aminn
bekas muridmu ini sedang membicarakanmu pak.. piss

"kita ini benar benar suda dikuasai asing kok, bayangkan bukan hanya urusan ngomong, urusan lidahpun kita harus tunduk pada mereka, kaum kapitalis selalu mencekcoki kita dengan makanan yang sebelumnya tidak cocok dengan lidah kita..hanburge- lah,,hot dog-lah, pizza-lah..sebaliknya apa mereka mau belajar menyesuaikan dengan lidah kita..?"
karena nada bicaranya semakin meninggi,akhirnya dengan menimbang,mengingat dan seterusnya,,memutuskan bahwa saya harus mengakhiri dialog nasional  obrolan ini
kumainkan hp,pura pura sms,sesekali kulirik kawan saya itu...
"masih baca koran juga??"

12 komentar:

  1. WAH..... siipp bro.. nice post, lumayan tuk nambah ilmu biar tambah pinter.

    btw.... keep post n bravo blogger tanah air

    BalasHapus
  2. salam sobat
    ok banget artikelnya ,,
    mungkin karena INGGRIS,,menjajah kemana-mana hampir seluruh dunia,,makanya bahasanya dipakai untuk bahasa internasional.

    walaupun bahasa INDONESIA tidak dipakai bahasa internasional,,tetapi INDONESIA terkenal dengan adat, budaya dan kekayaan alamnya.,,di seluruh dunia.

    BalasHapus
  3. Seringkali diam itu lebih baik daripada meneruskan pembicaraan.

    BalasHapus
  4. @ ms tova..mksh koment dan kunjunganya ms,,bravo bloger jg.. N sukses slalu
    @ mb nura..betul mb,kt jg hrs bangga sbg bgs ind
    @ ms mukhlisin..setuju, perbanyaklah mendengar dr pd berbicara mulu ya..

    BalasHapus
  5. saia datang bro...
    teman km lucu jg tuh
    haha...
    semoga aja kapan2 b.Indonesia jd bhs internasional jg...

    BalasHapus
  6. wah..menarik bgt..ckck....

    BalasHapus
  7. @ black ants.. doain ajah kpn2 b.ind bs jd bs internasional..hehe

    @ eightsuN..mksh komentnya kawan..sukses yapp..

    BalasHapus
  8. sip thanks broww infonya,,,

    BalasHapus
  9. Mantap euy postingannya. keep moving

    BalasHapus
  10. wah, moga-moga aja bisa kesampaian sob..wkwkwk..yang penting berbahasalah yg bijak, sopan dan baik..hoho..

    BalasHapus

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Sekitar Kita | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com