Catatan pribadi tentang apa saja

Jumat, 19 Maret 2010

Makan Nasi gorengnya di tunda dulu Mr...

saya lagi panik..bukan karena Obama tidak jadi datang ke Indonesia,tapi karena masalah klasik biasa seorang bloger amatiran,seperti yang anda lihat di blog ini disamping kolom sidebar ada ruang kosong yang bagi saya sangat mengganggu,dan ini masalah bagi saya,untuk itu  saya mohon master harus bertanggung jawab terhadap templte blog ini..hehe

tapi kalo ada yang panik karena Obama tidak jadi datang,biarlah saya ingin komentar sedikit mengenai hal itu.Saya kira semua orang sudah memahami bahwa Presiden Barack Obama menunda kedatangannya sampai dua kali adalah karena masih belum terselesaikannya masalah RUU Jamkesnas (National Health Care Bill) di Konggres AS. Jadi suka atau tidak, Presiden Obama pasti akan memprioritaskan urusan domestik ketimbang urusan kunjungan kenegara sahabat. Apalagi kalau negara sahabat itu bukan termasuk negara prioritas dalam strategi  AS saat ini Saya masih tetap yakin bahwa Indonesia tidaklah terlalu penting dalam radar politik global AS sehingga harus menyita konsentrasi Presiden Obama yang masih belum tenang dengan voting di Kongress soal RUU Jamkesnas itu.



Jusuf Wanandi yang menulis di Kompas menggebu-gebu menanggapi arti penting Indonesia dengan kunjungan Obama ini. Bagi saya artikel itu menjadi semacam lelucon karena sama sekali tidak memperhatikan realpolitik AS terhadap Indonesia. Menurut hemat saya, selagi Indonesia tidak mampu beperan aktif dalam bingkai global yang memberikan dukungan terhadap AS (politik, ekonomi, keamanan, budaya) maka posisi Indonesia tidak akan lebih besar ketimbang, katakanlah, Thailand atau Malaysia, dan Filipina. Bahkan untuk hal-hal tertentu Filipina masih akan dipandang "lebih" oleh AS, setidaknya karena pasukan AS masih ada yang bercokol di Mindanao membantu Pemerintah Manila menanggulangi gerakan separatis Islam di sana.

Walhasil, ketika Gedung Putih "mengajukan" jadwal kunjungan menjadi Maret, dan ternyata banyak reaksi kurang positif di negeri ini dan malahan ada penggerebekan teroris di Aceh dan Pamulang, tampaknya segera diambil keputusan untuk "balik kucing" ke jadwal semula. Itupun saya yakin sifatnya tentatif, tergantung apakah Obama berhasil atau tidak memenangkan RUU yang menjadi janji kampanye terbesar Presiden kulit hitam pertama tersebut. Jika RUU tersebut nanti berkepanjangan maka bukan tidak mungkin kunjungan juga akan ditunda lagi.

Prioritas politik dalam negeri AS terlalu penting untuk dikalahkan oleh kunjungan luar negeri, apalagi ke negara yang, menurut mantan Menhan Juwono Sudarsono, bukan negara prioritas baginya!. Mungkin bagi mereka yang anti Obama di negeri ini, berita ini bakal menjadi berita kemenangan di telinga mereka. Bagi Pemerintah SBY, saya kira hal ini harus disikapi secara arif, dalam arti bahwa kunjungan yang sangat penting bagi gengsi negeri ini memang harus terjadi tetapi tanpa memberikan time frame yang ketat. Kita bersikap sebagai tuan rumah yang baik saja, menunggu kapan sang tamu siap untuk hadir. Bereaksi negatif terhadap dua kali penundaan tidaklah akan memberi manfaat apa-apa. Lebih penting jika dalam menunggu kedatangan sang tamu, kita sebagai tuan rumah melakukan berbagai tindakan yang dapat menunjukkan perhatian kita terhadap masalah-masalah konkret yang dihadapi negeri ini: pemberantasan kemiskinan, pemberatasan korupsi, dan peningkatan kesejahteraan rakyat kecil. Kedatangan Presiden Obama bisa ditunggu. Tidak demikian dengan kondisi keterbelakangan rakyat kita. Tak sulit untuk memahaminya, bukan?

*mimpi tentang nasi goreng indonesia sementara di tunda dulu Mr Obama..




32 komentar:

  1. Semoga PERTAMAX!!
    Doain saya biar lulus UN y kawan :D

    BalasHapus
  2. waah saya harus bertanggung jawab dong mas aan ...

    setelah anda menyebutkan masalah anda melalui kotak komentar saya saya ingin memberikan tips apabila anda masih belum menemukan solusinya di sidebar baru .. saya kasih patokan berikut:

    ukuran lebar halaman posting (main wrapper) + ukuran halaman sidebar (side wrapper)= ukuran halaman blog (Outer wrapper) jadi silahkan anda menggunakan ilmu matematika untuk mengukurnya, terima kasih dan semoga berhasil!

    BalasHapus
  3. Coretan yang bagus sekali sob. Pemerintah tidak perlu gelisah menunggu tamu datang, toh mereka akan datang juga kalau mau. Yang terpenting pemerintah harusnya gelisah karena masih ada rakyat yang miskin dan kelaparan serta kesehatan yang masih jauh untuk si miskin.

    BalasHapus
  4. 1 artikel 2 pembhasan, tp menurut aq blogx jd bgus lho..:-D, cz latarx kelihatn..mas..,salam hangat

    BalasHapus
  5. obama datang atau g ke indonesia g mungin bakalan akan ada perubahan so Indonesia jangan ngarep dech. lagian kita tahu banyak yg nolak kedatangan obama ke indonesia dan aq yakin karena itu obama g jadi datang ke indonesia dengan berbagai macam pertimbangan, mungkin obama berfikir buat apa datang ke indonesia kalau banyak yg demo menolak kedatangannya, bisa aja urusan negaranya obama di jadikan alasan u/ membatalkan kunjungannya ke indonesia toh g semua orang indonesia tahu gimana urusan negaranya obama.

    BalasHapus
  6. biar area postingan kamu sedikit mepet ama sidebarnya tinggal atur aja main wrappernya bereskan

    BalasHapus
  7. kapankah mr. obama akan datang berkunjung ke indonesia? bisakah mr. obama mengunjungi indonesia? akankah mr. obama datang ke indonesia? pandi mencoba menyusun kata2 pertanyaan apa yang pas.. yang mana yach..

    BalasHapus
  8. setuju ama mastergomaster,saya memang gak gitu ngerti .xml ,tapi kalau menurut logika,lebar halaman posting / sidebar,bisa di ubah,jadi tinggal di edit aja bro. .

    BalasHapus
  9. Hmmmh.. kalau obama beneran bakal dateng ke indonesia, indonesia harus ngeluarain budget yang gede buat nyambut orang terpenting di dunia itu... T.T

    mendingan engga usah dateng aja,, kasian rakyat indonesia, budget gede itu punya rakyat, biar rakyat yang nikmatin..

    BalasHapus
  10. Alasannya, nasi gorengnya sudah basi!

    BalasHapus
  11. Seandainya keamanan tetap seperti obama datang, bakal aman negeri ini!

    BalasHapus
  12. Sudah berapa banyak uang yang dikeluarkan pra dan gagalnya obama ke Indonesia! Belikan nasi bungkus untuk kita dapat berapa ya? Aku minta jatah 3 bungkus!

    BalasHapus
  13. Aku juga mau nasi gorengnya kawand... hahaha...

    BalasHapus
  14. templatenya keren kok.....hidup banget!! serasa di atas awan!

    BalasHapus
  15. @ iqmal..ok's pertamax..mksh y

    BalasHapus
  16. @ master,,saya dah nyerah master,,ini sy kembalikan lagi ke awal,but makasih bnyk atas bantuanya..

    BalasHapus
  17. @ all..makasih komentarnya,

    BalasHapus
  18. yah, memang ini dapat dipikirkan secara positif sebagai waktu yang lebih longgar untuk persiapan kunjungan di bulan juni-juli. dan tentu saja pengawalan terkait keselamatan tamu lebih penting dari sambutan dan hidangan lainnya. wlau itu juga tetap dipersiapkan sebaik mungkin.terutama masalah keselamatan, negara kita bener2 nantinya, saat kunjungan, "ditonton" negara2 lain di seluruh dunia.

    BalasHapus
  19. lebih baik pemerintah ngurus rakyat yang masih kekurangan,dari pada sibuk ngurus "orang itu"
    :)

    BalasHapus
  20. Masternya yang harus bertanggung jawab nih hihi

    BalasHapus
  21. betul sekali sahabat, Pemerintah harus mempersiapkan diri sehingga pada saatnya nanti kita bisa mengambil manfaat yang optimal dengan kehadiran Obama dan bukan hanya sekedar prestise.

    BalasHapus
  22. Wah Obama kasihan ya..
    Gak jadi makan makanan Favoritnya... wkakwkkwkwkw

    BalasHapus
  23. President Amerika lebih penting kan kesehatan rakyatnya, dari pada kunjungan ke negara lain. President Indonesia gimana ya? jadi ngakak kalo dibanding2kan...wkwkwkwk

    BalasHapus
  24. Pembahasan yang menjurus ke politik nih....saya hanya membayangkan saja seperti apa kamar hotel yg akan di gunakan Obama yg katany 1 malam sekitar 20'an juta bahkan 40'an juta...koq mumbazir bangetzzz ya jadinya

    BalasHapus
  25. kalo cuman pengen makan nasi goreng sih nggak perlu kesini kaleee...langsung minta kirim lewat email...

    BalasHapus
  26. aku juga bingung kenapa kedatangan Barack Obama diundur ,,mau kutelpon tapi ngak ada pulsa ,, jadi gimana ,, ya sobb

    BalasHapus
  27. loh kok kenapa ?
    Padahal kayak nya orang yang di wilayah bali, sudah siap-siap ya menyambut kedatangan presiden AS itu.

    BalasHapus
  28. teman2 saya punya prediksi yg buruk untuk negri kita ney,, ,suatu sa'at akan terjadi seolah2 negri kita ney markas terrorist ,situasi sengaja di rancang serapi mungkin oleh negara2 punya ambisi menguasai kita ,nah sekarang obama mau datang aja sudah maju mundur pura2 takut kali ,

    BalasHapus
  29. Coretan yang bagus sekali sob. Pemerintah tidak perlu gelisah menunggu tamu datang, toh mereka akan datang juga kalau mau. Yang terpenting pemerintah harusnya gelisah karena masih ada rakyat yang miskin dan kelaparan serta kesehatan yang masih jauh untuk si miskin....

    BalasHapus
  30. salute ma obama,, orang nomor 1 di usa aja masih mncintai indonesia...thans artikelnya, menarik banget.

    BalasHapus

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Sekitar Kita | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com